STRATEGI MANAJEMEN PENYIARAN TEMANGGUNG TV DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA DIGITALISASI TELEVISI

Hidayati, Inti (2024) STRATEGI MANAJEMEN PENYIARAN TEMANGGUNG TV DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA DIGITALISASI TELEVISI. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153200120_Inti Hidayati.pdf] Text
Cover_153200120_Inti Hidayati.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Abstrak_153200120_Inti Hidayati.pdf] Text
Abstrak_153200120_Inti Hidayati.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_153200120_Inti Hidayati.pdf] Text
Lembar Pengesahan_153200120_Inti Hidayati.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153200120_Inti Hidayati.pdf] Text
Daftar Isi_153200120_Inti Hidayati.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153200120_Inti Hidayati.pdf] Text
Daftar Pustaka_153200120_Inti Hidayati.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_153200120_Inti Hidayati.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153200120_Inti Hidayati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Temanggung TV merupakan Lembaga Penyiaran Publik Lokal yang tengah
menghadapi tantangan baru berupa digitalisasi televisi. Penelitian dilakukan
dengan tujuan untuk mengetahui strategi manajemen penyiaran Temanggung TV
dalam mempertahankan eksistensinya di era digitalisasi televisi. Jenis penelitian
yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Strategi manajemen penyiaran
yang dijalankan oleh Temanggung TV dianalisis menggunakan 3 pilar penyiaran
yang dikemukakan oleh Morissan yaitu program, pemasaran, dan teknik
penyiaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi manajemen program
Temanggung TV di era digitalisasi televisi menekankan pada program dengan
materi siaran peristiwa atau kebudayaan lokal dan sebagai sumber informasi
utama bagi masyarakat Temanggung. Dalam memproduksi program,
Temanggung TV telah sesuai dengan standar operasional produksi program mulai
dari perencanaan, produksi, eksekusi, dan evaluasi. Strategi pemasaran
Temanggung TV dilakukan dengan promosi on air dalam bentuk station ID,
bumper, dan running text serta promo off air dengan memanfaatkan media sosial
Instagram. Manajemen teknis Temanggung TV menggunakan penyiaran digital
dengan menyewa mux dari LPP TVRI Pager Gedog dan melakukan siaran
streaming pada media YouTube untuk program acara tertentu. Eksistensi
Temanggung TV dapat bertahan jika mengikuti perkembangan teknologi,
memiliki ciri khas budaya lokal Temanggung, dan dukungan serta komitmen
pemerintah memajukan Temanggung TV.
Kata Kunci : Strategi Manajemen Penyiaran, Temanggung TV, Digitalisasi Televisi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Manajemen Penyiaran, Temanggung TV, Digitalisasi Televisi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:53
Last Modified: 09 Jul 2024 07:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40196

Actions (login required)

View Item View Item