STRATEGI PEMASARAN PRODUK MAKANAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN SWOT ( Studi Pada Sate Padang Pariaman Ajo Paris )

RAHMADANI, ZURA FAJRI (2024) STRATEGI PEMASARAN PRODUK MAKANAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN SWOT ( Studi Pada Sate Padang Pariaman Ajo Paris ). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_152200004_ZuraFajriRahmadani.pdf] Text
Abstrak_152200004_ZuraFajriRahmadani.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of Cover_152200004_ZuraFajriRahmadani.pdf] Text
Cover_152200004_ZuraFajriRahmadani.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of Daftar Isi_152200004_ZuraFajriRahmadani.pdf] Text
Daftar Isi_152200004_ZuraFajriRahmadani.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_152200004_ZuraFajriRahmadani.pdf] Text
Daftar Pustaka_152200004_ZuraFajriRahmadani.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_152200004_ZuraFajriRahmadani.pdf] Text
Lembar Pengesahan_152200004_ZuraFajriRahmadani.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_152200004_ZuraFajriRahmadani.pdf] Text
Skripsi Fulltext_152200004_ZuraFajriRahmadani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Zura Fajri Rahmadani, Nomor Induk Mahasiswa 152200004, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Pembangunan
Nasional “Veteran” Yogyakarta Menggunakan Business Model Canvas (BMC)
Dan SWOT. Pembimbing Ibu Dr. Sauptika Kancana, S.S.,M.Si.Sektor industry
pengolahan di bidang makanan dan minuman di Yogyakarta beberapa tahun
terakhir mengalami peningkatan pesat dan perananan penting dalam pertumbuhan
ekonomi Yogyakarta. Peningkatan tersebut mengakibatkan persaingan yang ketat
di antara pelaku usaha. Salah satu usaha yang berjuang dalam persaingan tersebut
adalah Sate Padang Pariaman Ajo Paris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
formulasi strategi pemasaran yang tepat pada Sate Padang Pariaman Ajo paris
menggunakan matriks SWOT serta Menyusun Business Model Canvas Baru di
usaha Sate Padang Pariaman Ajo Paris.
Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Jumlah
informan penelitian ini adalah sebanyak 8 (delapan) orang informan. Objek
penelitian ini adalah usaha Sate Padang Pariaman Ajo Paris. Teknik analisis data
menggunakan Teknik formulasi strategi, Dimana pada tahap input digunakan
matriks EFE dan IFE, tahap pencocokan menggunakan matriks SWOT dan tahap
terakhir pembuatan Business Model Canvas usaha yang baru.
Hasil dari penelitian ini berdasarkan perhitungan matriks EFE dan IFE
menunjukkan posisi Perusahaan pada kuadran SWOT berada pada kuadran 1
(satu) yang mengididikasikan Tindakan yang perlu diambil Perusahaan adalah
strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan
produk). Matrikis SWOT menghasilkan menghasilkan 9 (Sembilan) rekomendasi
strategi yang terdiri dari 3 strategi (SO), 2 strategi (WO), 2 strategi (ST), 2 strategi
(WT). Berdasarkan rekomendasi tersebut dihasilkan Business Model Canvas yang
baru meliputi 7 blok pengembangan yaitu Key Partnership, Key Activities, Value
Proposition, Customer Relationship, Customer Segment, dan Channel.
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT, Business Model Canvas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT, Business Model Canvas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:24
Last Modified: 24 Jun 2024 04:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39880

Actions (login required)

View Item View Item