Utami, Noviana Tri (2024) STRATEGI PEMASARAN KERIPIK TEMPE SAGU ALIYA DI DUSUN DUKUH KALURAHAN SELOHARJO KAPANEWON PUNDONG KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
abstrak.pdf Download (33kB) |
|
Text
cover.pdf Download (76kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
Text
Laporan Akhir.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (422kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor-faktor internal
dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran pada keripik tempe sagu
Aliya (2) Menganalisis alternatif strategi pemasaran berdasarkan analisis Internal
External (IE) pada Keripik Tempe Sagu Aliya (2) Menganalisis keputusan strategi
yang tepat untuk pemasaran produk keripik tempe sagu Aliya berdasarkan
Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Metode penelitian yang
digunakan adalah metode deskriptif-studi kasus. Metode penentuan responden
menggunakan purpossive dan terdapat 7 responden terpilih. Macam data yang
digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data berupa
observasi, FGD, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis yang
digunakan adalah matriks IFE dan EFE, metode IE, dan metode QSPM. Hasil
penelitian (1) Kekuatan utama keripik tempe sagu Aliya yaitu memiliki izin P-IRT
dan kelemahan yaitu belum memiliki manajemen pengolahan data serta peluang
utama yaitu permintaan meningkat pada hari besar dan ancaman perubahan selera
konsumen. (2) Alternatif strategi pemasaran keripik tempe sagu Aliya yaitu
menjalin kerjasama dengan distributor yang potensial untuk menambah pangsa
pasar, melakukan kegiatan promosi melalui pemanfaatan teknologi untuk menarik
pelanggan potensial, dan meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan daya
saing. (3) Keputusan alternatif strategi yang tepat untuk pemasaran produk keripik
tempe sagu berdasarkan QSPM yaitu strategi menjalin kerjasama dengan distributor
yang potensial untuk menambah pangsa pasar. Berdasarkan hasil QSPM strategi
menjalin kerjasama dengan distributor yang potensial untuk menambah pangsa
pasar mendapatkan skor 5,84.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Internal Eksternal, QSPM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Internal Eksternal, QSPM |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 29 May 2024 04:48 |
Last Modified: | 29 May 2024 04:48 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39542 |
Actions (login required)
View Item |