PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN BATIK SUCI ALYA MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM)

Pramesti, Sella Enggar (2024) PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN BATIK SUCI ALYA MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_152200100_Sella Enggar Pramesti.pdf] Text
Cover_152200100_Sella Enggar Pramesti.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of Abstrak_152200100_Sella Enggar Pramesti.pdf] Text
Abstrak_152200100_Sella Enggar Pramesti.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Daftar Isi_152200100_Sella Enggar Pramesti.pdf] Text
Daftar Isi_152200100_Sella Enggar Pramesti.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_152200100_Sella Enggar Pramesti.pdf] Text
Daftar Pustaka_152200100_Sella Enggar Pramesti.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_152200100_Sella Enggar Pramesti.pdf] Text
Lembar Pengesahan_152200100_Sella Enggar Pramesti.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_152200100_Sella Enggar Pramesti.pdf] Text
Skripsi Fulltext_152200100_Sella Enggar Pramesti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

UMKM Batik Suci Alya adalah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dan
pakaian yaitu menghasilkan kain batik tulis dan handprint. Persaingan di industri
batik yang saat ini tinggi membuat UMKM Batik Suci Alya perlu
mereformulasikan strategi pemasaran yang lebih baik. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui posisi Batik Suci Alya berdasarkan analisis di tahap
pencocokan menggunakan kuadran SWOT dan prioritas strategi pemasaran
alternatif yang cocok diterapkan menurut matriks QSPM.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan
campuran, yaitu desain sekuensial eksploratori. Sumber data pada penelitian ini
adalah data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui teknik studi literatur,
observasi, wawancara, FGD, dan kuesioner terhadap empat informan yang dipilih
melalui judgemental sampling. Alat perumusan strategi yang digunakan adalah
SWOT dan QSPM.
Hasil perhitungan matriks IFE dan EFE menunjukkan posisi di kuadran III pada
diagram SWOT yang berarti Batik Suci Alya memiliki posisi yang lemah namun
sangat berpeluang dan membutuhkan reformulasi strategi yang ada. Hasil
pencocokan dengan matriks SWOT menghasilkan 12 alternatif strategi dengan
strategi prioritas pengoptimalan pemasaran melalui media sosial yang diperoleh
berdasarkan perhitungan QSPM.
Kata kunci: Strategi pemasaran, matriks IFE, matriks EFE, matriks SWOT,
matriks QSPM

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, matriks IFE, matriks EFE, matriks SWOT, matriks QSPM
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Apr 2024 08:39
Last Modified: 17 Apr 2024 08:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39307

Actions (login required)

View Item View Item