MODEL KOMUNIKASI ANTARA MANAJEMEN DAN KARYAWAN DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA KERJA (Studi Kasus Komunikasi Antara Manajemen dan Karyawan Yayasan Solo Peduli Ummat)

HIDAYAH, YUNI (2024) MODEL KOMUNIKASI ANTARA MANAJEMEN DAN KARYAWAN DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA KERJA (Studi Kasus Komunikasi Antara Manajemen dan Karyawan Yayasan Solo Peduli Ummat). Masters thesis, UPN Veteran Yogyajarta.

[thumbnail of 1. FULL TEKS_YUNI HIDAYAH_TESIS 253212008.pdf] Text
1. FULL TEKS_YUNI HIDAYAH_TESIS 253212008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. JUDUL TESIS_YUNI HIDAYAH 253212008.pdf] Text
2. JUDUL TESIS_YUNI HIDAYAH 253212008.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK_YUNI HIDAYAH 253212008.pdf] Text
3. ABSTRAK_YUNI HIDAYAH 253212008.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI_YUNI HIDAYAH_253212008.pdf] Text
4. DAFTAR ISI_YUNI HIDAYAH_253212008.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5. DAFTAR PUSTAKA_YUNI HIDAYAH 253212008.pdf] Text
5. DAFTAR PUSTAKA_YUNI HIDAYAH 253212008.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 6. LEMBAR PENGESAHAN_YUNI HIDAYAH_253212008.pdf] Text
6. LEMBAR PENGESAHAN_YUNI HIDAYAH_253212008.pdf

Download (312kB)

Abstract

xi
MODEL KOMUNIKASI ANTARA MANAJEMEN DAN KARYAWAN
DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA KERJA
(STUDI KASUS KOMUNIKASI ANTARA MANAJEMEN DAN
KARYAWAN YAYASAN SOLO PEDULI UMMAT)
Nama Mahasiswa : Yuni Hidayah
NPM : 253212008
Pembimbing I : Prayudi, SIP, M.A., Ph.D
Pembimbing II : Dr. Retno Hendrariningrum, M.Si
ABSTRAK
Yayasan Solo Peduli Ummat adalah lembaga nirlaba yang menghadapi
problematika kerja sehingga memerlukan kerjasama efektif antara manajemen dan
karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk
menemukan problematika dan model komunikasi dalam mengatasi problematika
kerja di Yayasan Solo Peduli Ummat. Jenis penelitian yang digunakan adalah
metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan komunikasi
POAC (Planning, Organizing, Actuating dan Controlling). Teknik keabsahan data
dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian
menunjukan bahwa terdapat problematika yang terjadi di Yayasan Solo Peduli
Ummat seperti, target yang tidak tercapai, perilaku karyawan tidak profesional, dan
kebijakan tidak realistis. Proses mengatasi problematika kerja yang terjadi di
Yayasan Solo Peduli Ummat menjadi manifestasi dari komitmen manajemen untuk
melibatkan karyawan dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan menemukan
solusi untuk permasalahan yang dihadapi oleh karyawan. Manajemen membuka
ruang diskusi untuk karyawan yang mengalami masalah dengan melakukan tahapan
manajemen komunikasi seperti planning, organizing, actuating dan controlling
pada proses mengatasi problematika kerja. Karena, komunikasi menjadi dasar yang
kuat dalam menciptakan lingkungan kerja yang baik sehingga manajemen dapat
mengatasi problematika yang terjadi pada karyawan.
Kata Kunci : Komunikasi, Problematika, Manajemen
COMMUNICATION MODEL BETWEEN MANAGEMENT AND EMPLOYEES IN
OVERCOMING WORK PROBLEMS
(CASE STUDY OF COMMUNICATION BETWEEN MANAGEMENT AND
EMPLOYEES OF SOLO CARE UMMAT FOUNDATION)
Name : Yuni Hidayah
NPM : 253212008
Supervisor : Prayudi, SIP, M.A., Ph.D.
Co-Supervisor : Dr. Retno Hendrariningrum, M.Si
ABSTRACT
Solo Peduli Ummat Foundation is a non-profit institution that faces work problems that require
effective cooperation between management and employees to achieve organizational goals.
This research aims to find problems and communication models in overcoming work problems
at Solo Peduli Ummat Foundation. The type of research used is descriptive qualitative method
with data collection techniques through interviews, observation and documentation. The
analysis used uses POAC communication (Planning, Organizing, Actuating and Controlling).
Data validity techniques in this study using source triangulation techniques. The results
showed that there were problems that occurred at Solo Peduli Ummat Foundation such as
unachieved targets, unprofessional employee behavior, and unrealistic policies. The process
of overcoming work problems that occur at Solo Peduli Ummat Foundation is a manifestation
of management's commitment to involve employees in identifying, analyzing, and finding
solutions to problems faced by employees. Management opens a discussion room for employees
who experience problems by carrying out communication management stages such as
planning, organizing, actuating and controlling in the process of overcoming work problems.
Because, communication is a strong basis in creating a good work environment so that
management can overcome the problems that occur to employees.
Keywords: Communication, Problems, Management

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Communication, Problems, Management
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:51
Last Modified: 01 Feb 2024 04:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38813

Actions (login required)

View Item View Item