PRAMESTI, CARISSA EVELYN (2024) PERBAIKAN SISTEM PELAYANAN POLIKLINIK UNTUK MENGURANGI WAKTU TUNGGU PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI (Studi Kasus pada Klinik dr. Arif Mustafa Bekasi). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
Abstrak ENG FINAL.pdf Download (8kB) |
|
Text
Abstrak ID FINAL.pdf Download (60kB) |
|
Text
Cover FINAL.pdf Download (75kB) |
|
Text
Dafpus FINAL.pdf Download (156kB) |
|
Text
Daftar isi FINAL.pdf Download (188kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_Carissa Evelyn P.pdf Download (216kB) |
|
Text
Tugas Akhir 2_Carissa Evelyn P_122190135.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Klinik Pratama dr. Arif Mustofa merupakan fasilitas kesehatan tingkat
pertama yang memberikan pelayanan medis dasar kepada pasien. Sistem pelayanan
di poliklinik sering kali menghadapi tantangan dalam mengelola waktu tunggu
pasien, terkhusus pada pelayanan poli dokter umum dan farmasi. Rata – rata
kunjungan pasien perharinya mencapai 84 pasien dengan waktu terlama yang
dibutuhkan pasien dalam sistem adalah 105 menit. Selain itu, tingginya tingkat
kedatangan pasien menyebabkan klinik harus menambah jam operasional agar
dapat melayani keseluruhan pasien dengan total jam kerja lebih dari 8 jam setiap
hari nya.
Permasalahan yang telah disebutkan sebelumnya bertentangan dengan
standar waktu pelayanan rawat jalan yang ditetapkan pada SK Menteri Kesehatan
No.129/Menkes/SK/II/2008 mengenai standar waktu pelayanan rawat jalan yang
tidak lebih dari 60 menit. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang
perbaikan sistem layanan di poliklinik untuk mengurangi waktu tunggu pasien
dengan mempertimbangkan persentase optimasi, utilitas, dan waktu tunggu paling
optimal dengan bantuan software simulasi ProModel.
Rekomendasi perbaikan dilakukan pembangkitan tiga skenario perbaikan
yaitu skenario 1 yaitu menerapkan pendaftaran appointment, skenario 2 dengan
pembatasan jam daftar pasien, dan skenario 3 yaitu penambahan tenaga kerja
asisten apoteker. Hasil terbaik dari skenario perbaikan pada pelayanan shift 1 adalah
kombinasi dari ketiga skenario (skenario G) yang berhasil meningkatkan optimasi
hingga 65%, mempersingkat waktu tunggu dari 80,235 menit menjadi 27,87 menit.
Pada pelayanan shift 2, hasil terbaik adalah kombinasi skenario 1 dan 3 (skenario
J) yang berhasil meningkatkan optimasi sebesar 57% dan mempersingkat waktu
tunggu dari 96,51 menit menjadi 40,48 menit. Kedua skenario ini berhasil
menurunkan tingkat beban kerja pekerja ke kategori sedang dari sebelumnya berada
dalam kategori tinggi.
Kata kunci: Simulasi; Waktu Tunggu Pasien; Perbaikan Sistem Pelayanan;
Poliklinik; Software ProModel
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Simulasi; Waktu Tunggu Pasien; Perbaikan Sistem Pelayanan; Poliklinik; Software ProModel |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 08:56 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 08:56 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38742 |
Actions (login required)
View Item |