STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING “RWE DIGITAL AGENCY” DALAM MEMBANGUN BRAND ENGAGEMENT ENDURO (Studi Kasus Kampanye #MakinTangguhMelaju di Instagram)

NOOR, ELSHA SHASKIA RAUDHA (2023) STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING “RWE DIGITAL AGENCY” DALAM MEMBANGUN BRAND ENGAGEMENT ENDURO (Studi Kasus Kampanye #MakinTangguhMelaju di Instagram). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 2. Cover_ 153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf] Text
2. Cover_ 153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf] Text
3. Abstrak_153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi 153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf] Text
5. Daftar Isi 153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka 153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf] Text
6. Daftar Pustaka 153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf

Download (165kB)

Abstract

Semakin maraknya penggunaan internet memberikan dampak yang
signifikan pada meningkatnya penggunaan media sosial oleh konsumen dalam
kehidupan sehari-hari. Hal itu menyebabkan banyak merek yang berlomba-lomba
untuk hadir menunjukkan eksistensinya di media sosial serta memasarkan
produknya dengan menjalankan strategi social media marketing dengan caranya
masing-masing. Melalui strategi social media marketing, Enduro bersama RWE
Digital Agency mengusung kampanye #MakinTangguhMelaju dengan tujuan
utama untuk meningkatkan brand engagement serta mencapai key performance
indicator kampanye. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses
penyusunan strategi social media marketing RWE Digital Agency dalam
membangun brand engagement Enduro untuk memahami lebih dalam alur kerja
pada sebuah agency sebagai pihak ketiga serta mengetahui bentuk brand
engagement pada partisipan kampanye #MakinTangguhMelaju di Instagram. Penelitian menggunakan teori GPA (Goals-Plans-Action), konsep The Social
Media Strategy Wheels oleh Breakenridge, dan konsep brand engagement. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan
teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi pustaka. Proses
penyusunan strategi melalui tahapan dari konsep The Social Media Strategy
Wheels, yaitu audit, perencanaan, pengembangan strategi, dan evaluasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa RWE Digital Agency berhasil untuk
meningkatkan brand engagement Enduro melalui strategi kampanye
#MakinTangguhMelaju yang menonjolkan sisi humanis, baik dalam bentuk relate
content maupun persona. Keberhasilan strategi terbukti dengan immersion, passion, dan activation yang dirasakan oleh followers @sahabatenduroid serta
ketercapaian key performance indicator. Penyusunan strategi oleh RWE Digital
Agency tidak hanya melalui empat tahapan dalam konsep The Social Media
Strategy saja, namun juga melalui tahap pitching yang merupakan kegiatan
presentasi proposal strategi dan proses dealing dengan Enduro sebagai klien.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Brand Engagement, Enduro, #MakinTangguhMelaju, RWE Digital Agency

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Brand Engagement, Enduro, #MakinTangguhMelaju, RWE Digital Agency
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:41
Last Modified: 29 Dec 2023 02:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38445

Actions (login required)

View Item View Item