NOOR, ELSHA SHASKIA RAUDHA (2023) STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING “RWE DIGITAL AGENCY” DALAM MEMBANGUN BRAND ENGAGEMENT ENDURO (Studi Kasus Kampanye #MakinTangguhMelaju di Instagram). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text
2. Cover_ 153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf Download (123kB) |
|
Text
3. Abstrak_153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf Download (186kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. Daftar Isi 153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf Download (163kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka 153190079_Elsha Shaskia Raudha Noor.pdf Download (165kB) |
Abstract
Semakin maraknya penggunaan internet memberikan dampak yang
signifikan pada meningkatnya penggunaan media sosial oleh konsumen dalam
kehidupan sehari-hari. Hal itu menyebabkan banyak merek yang berlomba-lomba
untuk hadir menunjukkan eksistensinya di media sosial serta memasarkan
produknya dengan menjalankan strategi social media marketing dengan caranya
masing-masing. Melalui strategi social media marketing, Enduro bersama RWE
Digital Agency mengusung kampanye #MakinTangguhMelaju dengan tujuan
utama untuk meningkatkan brand engagement serta mencapai key performance
indicator kampanye. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses
penyusunan strategi social media marketing RWE Digital Agency dalam
membangun brand engagement Enduro untuk memahami lebih dalam alur kerja
pada sebuah agency sebagai pihak ketiga serta mengetahui bentuk brand
engagement pada partisipan kampanye #MakinTangguhMelaju di Instagram. Penelitian menggunakan teori GPA (Goals-Plans-Action), konsep The Social
Media Strategy Wheels oleh Breakenridge, dan konsep brand engagement. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan
teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi pustaka. Proses
penyusunan strategi melalui tahapan dari konsep The Social Media Strategy
Wheels, yaitu audit, perencanaan, pengembangan strategi, dan evaluasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa RWE Digital Agency berhasil untuk
meningkatkan brand engagement Enduro melalui strategi kampanye
#MakinTangguhMelaju yang menonjolkan sisi humanis, baik dalam bentuk relate
content maupun persona. Keberhasilan strategi terbukti dengan immersion, passion, dan activation yang dirasakan oleh followers @sahabatenduroid serta
ketercapaian key performance indicator. Penyusunan strategi oleh RWE Digital
Agency tidak hanya melalui empat tahapan dalam konsep The Social Media
Strategy saja, namun juga melalui tahap pitching yang merupakan kegiatan
presentasi proposal strategi dan proses dealing dengan Enduro sebagai klien.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Brand Engagement, Enduro, #MakinTangguhMelaju, RWE Digital Agency
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media Marketing, Brand Engagement, Enduro, #MakinTangguhMelaju, RWE Digital Agency |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 02:41 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 02:41 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38445 |
Actions (login required)
View Item |