PENGARUH IKLAN DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI BELANJA ONLINE SHOPEE DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Aktif Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)

ASTUTI, ARFIANI AYU (2023) PENGARUH IKLAN DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI BELANJA ONLINE SHOPEE DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Aktif Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN (1).pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN (1).pdf

Download (466kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL 152160073.pdf] Text
SKRIPSI FULL 152160073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Arfiani Ayu Astuti, Nomor Mahasiswa 152160073, Program Studi
Adminsitrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembengunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian
“Pengaruh Iklan di Media Sosial Youtube terhadap Minat Beli pada
Aplikasi Belanja Online Shopee dengan Brand Awareness sebagai
Variabel Intervening” (Studi pada Mahasiswa Aktif Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta) 2023. Dosen Pembimbing
Susanta dan Indro Herry Mulyanto.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Iklan di Media
Sosial Youtube Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Belanja Shopee dengan
Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. Ukuran sampel pada
penelitian ini sebanyak 90 responden. Teknik sampling yang digunakan
adalah Simple Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan
Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Inferensial yang menggunakan
metode SEM (Structural Equation Modelling) menggunakan SmartPLS
3.0.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Iklan berpengaruh
signifikan terhadap Brand Awareness. Iklan berpengaruh signifikan
terhadap Minat Beli. Brand Awareness berpengaruh signifikan terhadap
Minat Beli. Iklan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli melalui
Brand Awareness.
Berdasarkan hasil penelitian, saran untuk pihak Shopee adalah agar
kedepannya dapat lebih memanfaatkan iklan sebagai sarana perkenalan
dan promosi produk karena peran iklan sangat membantu pengguna
aplikasi Shopee dalam menentukan aplikasi belanja online pilihannya,
selain itu pihak Shopee juga harus lebih berinovasi dalam menciptakan
suatu iklan yang menarik dan inovatif sehingga dapat mendorong minat
beli konsumen agar meningkat dan membuat merek perusahaan semakin
baik dan semakin dikenal oleh konsumen serta meningkatkan kesadaran
konsumen terhadap aplikasi belanja online Shopee.
Kata kunci : Iklan, Minat Beli, dan Brand Awareness.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Minat Beli, dan Brand Awareness
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:50
Last Modified: 19 Oct 2023 06:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38026

Actions (login required)

View Item View Item