ANALISIS STRATEGI BERSAING MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Kasus pada Bakpia Menuk Yogyakarta)

SINAGA, MELISA APRILIYANTI (2023) ANALISIS STRATEGI BERSAING MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Kasus pada Bakpia Menuk Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI_MELISA APRILIYANTI_152190060.pdf] Text
ABSTRAKSI_MELISA APRILIYANTI_152190060.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of COVER_MELISA APRILIYANTI_152190060.pdf] Text
COVER_MELISA APRILIYANTI_152190060.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_MELISA APRILIYANTI_152190060.pdf] Text
DAFTAR ISI_MELISA APRILIYANTI_152190060.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_MELISA APRILIYANTI_152190060.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_MELISA APRILIYANTI_152190060.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_MELISA APRILIYANTI_152190060.pdf] Text
DAFTAR ISI_MELISA APRILIYANTI_152190060.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_MELISA APRILIYANTI S_1.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_MELISA APRILIYANTI S_1.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT_Melisa Apriliyanti_152190060.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT_Melisa Apriliyanti_152190060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bakpia Menuk merupakan salah satu merek bakpia. Persaingan antar merek bakpia
di Yogyakarta meningkat seiring dengan meningkatnya dan banyaknya merek
bakpia yang mengakibatkan Bakpia Menuk harus memiliki strategi agar mampu
memenangkan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan strategi
bersaing yang tepat untuk Bakpia Menuk Yogyakarta sebagai upaya meningkatkan
daya saing perusahaan.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian
deskriptif dengan unit analisis Bakpia Menuk Yogyakarta. sumber data yang
digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara sederhana dan
pengisian kuesioner terhadap 6 orang informan yang dipilih menggunakan teknik
purposive sampling. Data dinyatakan valid dan kredibel berdasarkan hasil uji
triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni menggunakan perumusan
strategi menurut David dan David (2016) yang diintegrasikan dalam tiga kerangka
kerja yang terdiri dari Tahap 1 (input) : Matriks IFE dan EFE, tahap 2 (pencocokan)
: Matriks SWOT, Tahap 3 (keputusan) : Matriks QSPM.
Hasil analisis matriks SWOT menunjukkan bahwa Bakpia Menuk berada pada
kuadran I sehingga strategi yang cocok untuk Bakpia Menuk adalah strategi S-O
(Strength-Opportunity). Berdasarkan hasil analisis Matriks QSPM diketahui bahwa
strategi menekankan kualitas produk, kemasan produk yang unik, dan
memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pemasaran dan loyalitas konsumen
menjadi strategi prioritas bagi Bakpia Menuk.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Strategi Bersaing, matriks IFE, matriks EFE,
SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Strategi Bersaing, matriks IFE, matriks EFE, SWOT, QSPM
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:20
Last Modified: 29 Sep 2023 07:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37738

Actions (login required)

View Item View Item