SINAGA, MELISA APRILIYANTI (2023) ANALISIS STRATEGI BERSAING MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Kasus pada Bakpia Menuk Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
ABSTRAKSI_MELISA APRILIYANTI_152190060.pdf Download (84kB) |
|
Text
COVER_MELISA APRILIYANTI_152190060.pdf Download (92kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_MELISA APRILIYANTI_152190060.pdf Download (62kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_MELISA APRILIYANTI_152190060.pdf Download (57kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_MELISA APRILIYANTI_152190060.pdf Download (62kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_MELISA APRILIYANTI S_1.pdf Download (183kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL TEXT_Melisa Apriliyanti_152190060.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bakpia Menuk merupakan salah satu merek bakpia. Persaingan antar merek bakpia
di Yogyakarta meningkat seiring dengan meningkatnya dan banyaknya merek
bakpia yang mengakibatkan Bakpia Menuk harus memiliki strategi agar mampu
memenangkan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan strategi
bersaing yang tepat untuk Bakpia Menuk Yogyakarta sebagai upaya meningkatkan
daya saing perusahaan.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian
deskriptif dengan unit analisis Bakpia Menuk Yogyakarta. sumber data yang
digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara sederhana dan
pengisian kuesioner terhadap 6 orang informan yang dipilih menggunakan teknik
purposive sampling. Data dinyatakan valid dan kredibel berdasarkan hasil uji
triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni menggunakan perumusan
strategi menurut David dan David (2016) yang diintegrasikan dalam tiga kerangka
kerja yang terdiri dari Tahap 1 (input) : Matriks IFE dan EFE, tahap 2 (pencocokan)
: Matriks SWOT, Tahap 3 (keputusan) : Matriks QSPM.
Hasil analisis matriks SWOT menunjukkan bahwa Bakpia Menuk berada pada
kuadran I sehingga strategi yang cocok untuk Bakpia Menuk adalah strategi S-O
(Strength-Opportunity). Berdasarkan hasil analisis Matriks QSPM diketahui bahwa
strategi menekankan kualitas produk, kemasan produk yang unik, dan
memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pemasaran dan loyalitas konsumen
menjadi strategi prioritas bagi Bakpia Menuk.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Strategi Bersaing, matriks IFE, matriks EFE,
SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi, Strategi Bersaing, matriks IFE, matriks EFE, SWOT, QSPM |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 07:20 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 07:28 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37738 |
Actions (login required)
View Item |