PENERAPAN ROAD PERFORMANCE MONITORING (RPM) UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT DI PT DARMA HENWA SITE KINTAP COAL PROJECT, KECAMATAN KINTAP, KABUPATEN TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN

LANGKADJA, REZKY ADITYA (2023) PENERAPAN ROAD PERFORMANCE MONITORING (RPM) UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT DI PT DARMA HENWA SITE KINTAP COAL PROJECT, KECAMATAN KINTAP, KABUPATEN TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak Skripsi_Rezky Aditya L.pdf] Text
Abstrak Skripsi_Rezky Aditya L.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of Cover Skripsi_Rezky Aditya L.pdf] Text
Cover Skripsi_Rezky Aditya L.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of Dafpus Skripsi_Rezky Aditya L.pdf] Text
Dafpus Skripsi_Rezky Aditya L.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Daftar Isi Skripsi_Rezky Aditya L.pdf] Text
Daftar Isi Skripsi_Rezky Aditya L.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of Draft Skripsi_Rezky Aditya L.pdf] Text
Draft Skripsi_Rezky Aditya L.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Draft Skripsi_Rezky Aditya L.pdf] Text
Draft Skripsi_Rezky Aditya L.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Pengesahan Skripsi_Rezky Aditya L.pdf] Text
Pengesahan Skripsi_Rezky Aditya L.pdf

Download (164kB)

Abstract

Rencana project improvement dari PT Darma Henwa site KCP untuk menaikkan
kecepatan rata-rata alat angkut pada jalan front penambangan menuju disposal
sehingga terjadi peningkatan produktifitas. Penelitian dilakukan Untuk mencari akar
permasalahan jalan di PT. Darma Henwa site KCP dengan tujuan untuk menaikkan
produktivitas serta nantinya dapat memberikan rekomendasi geometri jalan alat angkut
di jalan front penambangan menuju disposal.
Penelitian dilakukan dengan mengambil data langsung dilapangan(Aktual) yaitu
data cycle time alat angkut, selain itu mengambil data dengan mempertimbangkan 7
aspek Road Performance Monitoring yaitu lebar jalan (jalan lurus dan jalan tikungan),
permukaan jalan (kedalaman undulasi), drainase (evaluasi windrow(jalur air), cross
slope, dan superelevasi), grade jalan, bund wall, evaluasi rambu, dan penyiraman
jalan. Setelah didapatkan data aktual, kemudian dievaluasi berdasarkan standarisasi
yang berlaku menurut Kepmen ataupun pendapat para ahli yang bisa disesuaikan
dengan kondisi pada daerah penelitian.
Hasil dari penelitian ini dimana setelah dilakukan standarisasi jalan angkut,
terjadi peningkatan kecepatan alat angkut pada kondisi bermuatan sebelumnya 19
km/jam meningkat menjadi 23 km/jam, sedangkan pada kondisi kosongan sebelumnya
21 km/jam menjadi 25 km/jam. Kecepatan alat angkut meningkat menunjukkan
produktivitas yang meningkat juga, produktivitas meningkat pada front 1 produktivitas
sebelumnya sebesar 33,73 BCM/jam meningkat menjadi 34,64 BCM/jam. Pada front
2 produktivitas sebelumnya sebesar 34,36 BCM/jam meningkat menjadi 35,29
BCM/jam. Dan pada front 3 produktivitas sebelumnya sebesar 33,84 BCM/jam
meningkat menjadi 34,72 BCM/jam. Peningkatan produktivitas dinilai hanya
berdasarkan perbaikan grade jalan saja, maka daripada itu peningkatan produktivitas
bisa lebih besar lagi sebab 6 aspek lainnya yang sudah di standarisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 15 Sep 2023 08:25
Last Modified: 15 Sep 2023 08:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37534

Actions (login required)

View Item View Item