STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PEMDA DIY DALAM MENYOSIALISASIKAN ASEAN TOURISM FORUM (ATF) 2023 PADA PUBLIK

Maulidina, Amelia (2023) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PEMDA DIY DALAM MENYOSIALISASIKAN ASEAN TOURISM FORUM (ATF) 2023 PADA PUBLIK. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of 1.SKRIPSI_AMELIA MAULIDINA_154190016.pdf] Text
1.SKRIPSI_AMELIA MAULIDINA_154190016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2.COVER_AMELIA MAULIDINA_154190016.pdf] Text
2.COVER_AMELIA MAULIDINA_154190016.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 3.PENGESAHAN_AMELIA MAULIDINA_154190016.pdf] Text
3.PENGESAHAN_AMELIA MAULIDINA_154190016.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 4.DAFTAR ISI_AMELIA MAULIDINA_154190016.pdf] Text
4.DAFTAR ISI_AMELIA MAULIDINA_154190016.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 5.ABSTRAK_AMELIA MAULIDINA_154190016.pdf] Text
5.ABSTRAK_AMELIA MAULIDINA_154190016.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 6.DAFTAR PUSTAKA_AMELIA MAULIDINA_154190016.pdf] Text
6.DAFTAR PUSTAKA_AMELIA MAULIDINA_154190016.pdf

Download (101kB)

Abstract

xiii
ABSTRAK
ASEAN Tourism Forum kembali diselenggarakan di Yogyakarta pada tahun 2023.
Sebagai penyelenggara acara, Pemda D.I Yogyakarta melakukan sosialisasi kepada
publiknya yaitu masyarakat D.I Yogyakarta. Humas Pemda D.I Yogyakarta
tergabung dalam tim co-chair 5 bertanggung jawab atas sosialisasi dan publikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Humas
Pemda D.I Yogyakarta dalam proses sosialisasi ASEAN Tourism Forum 2023.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif
dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi pustaka.
Teori yang digunakan adalah teori perencanaan yang dikemukakan oleh Charles R.
Berger. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa co-chair 5 menggunakan tahapan
perencanaan berupa, 1) Analisis situasi/riset, 2) Perencanaan dan pemrograman, 3)
Aksi dan komunikasi serta 4) Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
strategi komunikasi yang digunakan adalah strategi terbuka, dengan berinovasi dan
berjejaring. Strategi ini dimaksudkan untuk memaksimalkan sosialisasi yang
dilakukan meskipun terdapat kendala waktu dan anggaran. Terbuka dalam hal ini
adalah dengan melibatkan pihak eksternal dalam proses sosialisasi sebagai usaha
memperluas jangkauan sosialisasi. Hasil implementasi strategi komunikasi yang
disusun dapat dikatakan cukup berhasil akan tetapi belum maksimal. Tujuan yang
hendak dicapai baru pada tahap penerimaan pesan dan belum ke tahap pemahaman
sehingga termotivasi tindakan yang dalam hal ini masyarakat menjadi tuan rumah
yang baik.
Kata kunci : Strategi Komunikasi, Humas Pemda D. I Yogyakarta, Sosialisasi
ASEAN Tourism Forum 2023
xiv
ABSTRACT
ASEAN Tourism Forum was held again in Yogyakarta in 2023. As the event
organizer the Special Region of Yogyakarta (DIY) provincial administration
conducted socialization to the local community. Public Relations of the DIY
provincial administration took part of the co-chair team 5 which was responsible
for socialization and publication. This research aims to find out the communication
strategy of the Public Relations of the DIY provincial administration in socializing
the ASEAN Tourism Forum 2023. The research method utilized in this research is
descriptive qualitative with data collection techniques through interviews,
observations and literature studies. The applied theory is the planning theory of
communication proposed by Charles R. Berger. The results of this study indicate
that co-chair 5 implements planning stages in the form of, 1) Situation
analysis/research, 2) Planning and programming, 3) Action and communication,
and 4) Evaluation. The results reveal that the applied communication strategy was
open strategy, by innovating and networking. This strategy is intended to maximize
the socialization carried out despite time and budget constraints. Open in this case
means involving external parties in the socialization process as an effort to expand
the range of socialization. The results of the implementation of the prepared
communication strategy are certainly quite successful but not yet optimal. The
achieved goal is only at the stage of receiving messages and not yet at the stage of
understanding so that it motivates action, in this case the community becomes a
good host.
Keyword : Communication Strategy, Humas Pemda D. I Yogyakarta, Socialization
ASEAN Tourism Forum 2023

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Communication Strategy, Humas Pemda D. I Yogyakarta, Socialization ASEAN Tourism Forum 2023
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:03
Last Modified: 25 Aug 2023 04:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37161

Actions (login required)

View Item View Item