PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 1 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA

ADNIN, MISBAHUL (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 1 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_153180030_Misbahul Adnin.pdf] Text
Abstrak_153180030_Misbahul Adnin.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of Cover_153180030_Misbahul Adnin.pdf] Text
Cover_153180030_Misbahul Adnin.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153180030_Misbahul Adnin.pdf] Text
Daftar Isi_153180030_Misbahul Adnin.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153180030_Misbahul Adnin.pdf] Text
Daftar Pustaka_153180030_Misbahul Adnin.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_153180030_Misbahul Adnin.pdf] Text
Lembar Pengesahan_153180030_Misbahul Adnin.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_153180030_Misbahul Adnin.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153180030_Misbahul Adnin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Platform media sosial dengan pengguna tertinggi dan populer saat ini
adalah Tiktok. Anak-anak dan remaja adalah kalangan pelajar yang mendominasi
pengguna Tiktok. Orang tua dan guru mulai khawatir mengenai penggunaan
Tiktok secara berlebihan akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Sehingga,
peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan media sosial
Tiktok terhadap prestasi belajar Siswa SMAN 1 Muara Batu Kabupaten Aceh
Utara dan bagaimana besaran pengaruh tersebut sebagai rumusan masalah.
Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif melalui metode survei atau kuesioner
dan pendekatan konsep uses and gratification tentang setiap orang aktif
menggunakan media sosial untuk memberikan kepuasan pada diri. Penelitian
memperoleh hasil bahwa variabel pengunaan media sosial Tiktok 0,020 atau lebih
besar dari nilai signifikansi yaitun0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Ho
ditolak dimana, memiliki arti ada pengaruh secara signifikan antara variabel
penggunaan media sosial Tiktok dan variabel prestasi belajar secara simultan. Hal
ini menunjukkan bahwa perkembangan media sosial Tiktok menjadi bagian
penting yang dibutuhkan dalam menunjang faktor prestasi belajar siswa. Besaran
pengaruh penggunaan Tiktok tidak terlepas dari penyebab kejenuhan siswa dalam
belajar. Tiktok memiliki banyak fitur yang membuat penggunanya terhibur dan
intensitas mengaksesnya pun menjadi lama. Hal ini sesuai dengan teori uses and
gratification yang menyatakan bahwa sebagai pengguna media, siswa memiliki
hak dan alasan untuk mengakses media. Tidak hanya itu siswa juga memiliki
kebebasan untuk memilih cara menggunakan media dan efek yang ditimbulkan media tersebut.
Kata Kunci : Penggunaan Media Sosial, Tiktok, Prestasi Belajar,

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Sosial, Tiktok, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:34
Last Modified: 24 Aug 2023 04:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37129

Actions (login required)

View Item View Item