ADNIN, MISBAHUL (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 1 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
Abstrak_153180030_Misbahul Adnin.pdf Download (14kB) |
|
Text
Cover_153180030_Misbahul Adnin.pdf Download (200kB) |
|
Text
Daftar Isi_153180030_Misbahul Adnin.pdf Download (108kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_153180030_Misbahul Adnin.pdf Download (155kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_153180030_Misbahul Adnin.pdf Download (232kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_153180030_Misbahul Adnin.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Platform media sosial dengan pengguna tertinggi dan populer saat ini
adalah Tiktok. Anak-anak dan remaja adalah kalangan pelajar yang mendominasi
pengguna Tiktok. Orang tua dan guru mulai khawatir mengenai penggunaan
Tiktok secara berlebihan akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Sehingga,
peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan media sosial
Tiktok terhadap prestasi belajar Siswa SMAN 1 Muara Batu Kabupaten Aceh
Utara dan bagaimana besaran pengaruh tersebut sebagai rumusan masalah.
Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif melalui metode survei atau kuesioner
dan pendekatan konsep uses and gratification tentang setiap orang aktif
menggunakan media sosial untuk memberikan kepuasan pada diri. Penelitian
memperoleh hasil bahwa variabel pengunaan media sosial Tiktok 0,020 atau lebih
besar dari nilai signifikansi yaitun0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Ho
ditolak dimana, memiliki arti ada pengaruh secara signifikan antara variabel
penggunaan media sosial Tiktok dan variabel prestasi belajar secara simultan. Hal
ini menunjukkan bahwa perkembangan media sosial Tiktok menjadi bagian
penting yang dibutuhkan dalam menunjang faktor prestasi belajar siswa. Besaran
pengaruh penggunaan Tiktok tidak terlepas dari penyebab kejenuhan siswa dalam
belajar. Tiktok memiliki banyak fitur yang membuat penggunanya terhibur dan
intensitas mengaksesnya pun menjadi lama. Hal ini sesuai dengan teori uses and
gratification yang menyatakan bahwa sebagai pengguna media, siswa memiliki
hak dan alasan untuk mengakses media. Tidak hanya itu siswa juga memiliki
kebebasan untuk memilih cara menggunakan media dan efek yang ditimbulkan media tersebut.
Kata Kunci : Penggunaan Media Sosial, Tiktok, Prestasi Belajar,
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Media Sosial, Tiktok, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 04:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 04:34 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37129 |
Actions (login required)
View Item |