PENGARUH FINANCIAL LITERACY, FINANCIAL ATTITUDE, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Pengguna E-Commerce Shopee di Yogyakarta)

MULYANTO, JOHN EMMANUEL (2023) PENGARUH FINANCIAL LITERACY, FINANCIAL ATTITUDE, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Pengguna E-Commerce Shopee di Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of JOHN_SKRIPSI FULL.pdf] Text
JOHN_SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of JOHN_ABSTRAK.pdf] Text
JOHN_ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of JOHN_COVER.pdf] Text
JOHN_COVER.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of JOHN_DAFTAR ISI.pdf] Text
JOHN_DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of JOHN_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
JOHN_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of JOHN_LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
JOHN_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (338kB)

Abstract

Terjadinya pandemi COVID-19 yang berujung pada pembatasan sosial yang
mengharuskan masyarakat beraktivitas dari rumah terutama dalam bekerja dan
belajar hal ini mengakibatkan timbulnya perubahan perilaku konsumen di mana
sebagian besar masyarakat mulai beralih ke pasar digital untuk dapat memenuhi
kebutuhan hidupnya dan untuk mencari hiburan. Kendala ini mempengaruhi
perilaku masyarakat menjadi konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis lebih dalam Pengaruh Financial Literacy (X1), Financial Attitude
(X2), dan juga Persepsi Kemudahan (X3) terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa.
Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan melibatkan 128 responden dengan
metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F,
dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Financial Literacy
(X1) dan Persepsi Kemudahan berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif
Mahasiswa, Sedangkan Financial Attitude (X2) tidak berpengaruh terhadap
Perilaku Konsumtif Mahasiswa.
Kata Kunci: Financial Literacy, Financial Attitude, Persepsi Kemudahan, Perilaku
Konsumtif mahasiswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Financial Literacy, Financial Attitude, Persepsi Kemudahan, Perilaku Konsumtif mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:18
Last Modified: 23 Aug 2023 07:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37099

Actions (login required)

View Item View Item