ANALISIS KEPUASAAN PENGGUNA REKAM MEDIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (STUDI KASUS : RUMAH SAKIT JIWA GRHASIA YOGYAKARTA)

Herwanti, Fitra Dwi (2023) ANALISIS KEPUASAAN PENGGUNA REKAM MEDIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (STUDI KASUS : RUMAH SAKIT JIWA GRHASIA YOGYAKARTA). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK_123190168_FITRA DWI HERWANTI.pdf] Text
ABSTRAK_123190168_FITRA DWI HERWANTI.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of FULLTEXT SKRIPSI_123190168_FITRA DWI HERWANTI.pdf] Text
FULLTEXT SKRIPSI_123190168_FITRA DWI HERWANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of COVER SKRIPSI_123190168_FITRA DWI HERWANTI.pdf] Text
COVER SKRIPSI_123190168_FITRA DWI HERWANTI.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of COVER SKRIPSI_123190168_FITRA DWI HERWANTI.pdf] Text
COVER SKRIPSI_123190168_FITRA DWI HERWANTI.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI SKRIPSI_123190168_FITRA DWI HERWANTI.pdf] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI_123190168_FITRA DWI HERWANTI.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_123190168_FITRA DWI HERWANTI.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_123190168_FITRA DWI HERWANTI.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI_123190168_FITRA DWI HERWANTI.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI_123190168_FITRA DWI HERWANTI.pdf

Download (387kB)

Abstract

Berdasarkan Rencana Strategis Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2020 - 2024 yang terdapat dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 21 Tahun 2020, dimana salah satu indikator sasaran kinerja adalah rekam medis elektronik (RME) terintegrasi di Rumah Sakit. Saat ini Rumah Sakit Jiwa Grhasia sebagai Rumah Sakit Kelas A masih melalui proses peralihan dari rekam medis manual menjadi rekam medis elektronik. Rekam medis elektronik yang digunakan berbasis web, saat ini hanya bisa diakses di jaringan intranet. Rumah Sakit dalam menggunakan rekam medis elektronik perlu menganalisis kepuasan pengguna RME dalam hal ini adalah Profesional Pemberi Asuhan (PPA) agar berfungsi optimal di tahun 2024 nanti.
Penelitian ini fokus menganalisis kepuasan pengguna untuk mengetahui seberapa puas pengguna RME menggunakan model End User Computing Satisfaction (EUCS). Analisis Kepuasan pengguna menggunakan lima variabel EUCS yaitu variabel isi (content), keakuratan (accuracy), bentuk (format), kemudahan penggunaan (ease of use) dan ketepatan waktu (timeliness). Sampel 87 responden dalam penelitian ini yaitu PPA sebagai pengguna yang mempunyai wewenang mengisi RME, menggunakan teknik Non-Probability Sampling. PPA tersebut antara lain dokter, perawat, laboratorium, ahli gizi, farmasi, psikolog, radiografer, rekam medis dan terapis.
Berdasarkan hasil analisis kepuasan pengguna didapatkan bahwa 47% pengguna yang merasa puas dengan RME, 56% pengguna yang merasa puas terhadap isi (content) RME, 40% pengguna yang merasa puas terhadap ketepatan (accuracy) RME, 43% pengguna yang merasa puas terhadap bentuk tampilan (format) RME, 38% pengguna yang merasa puas terhadap kemudahan penggunaan (ease of use) RME dan 54% pengguna yang merasa puas terhadap ketepatan waktu (timeliness) RME. Tingkat reliabilitas instrumen kuesioner penelitian ini dianggap reliabel dan hasil uji validitas menyatakan valid. Hasil uji hipotesis H1 yaitu isi (content), H2 yaitu bentuk tampilan (format), H3 yaitu ketepatan (accuracy), H4 yaitu kemudahan penggunaan (ease of use) dan H5 yaitu ketepatan waktu (timeliness) dapat diterima, dimana H4 mendapatkan hasil tingkat hubungan sangat kuat dan hipotesis lainnya mendapatkan hasil tingkat hubungan kuat.
Kata Kunci : Analisis Kepuasan Pengguna, EUCS, Rekam Medis Elektronik

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kepuasan Pengguna, EUCS, Rekam Medis Elektronik
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:30
Last Modified: 18 Aug 2023 02:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36953

Actions (login required)

View Item View Item