FORMULASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN PHIA DEVA MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM)

ANDIA, WASHFA RIFDAH (2023) FORMULASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN PHIA DEVA MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of abstraksi.pdf] Text
abstraksi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of cover skripsi washfa.pdf] Text
cover skripsi washfa.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of lembar pengesahan skripsi washfa.pdf] Text
lembar pengesahan skripsi washfa.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of skripsi full dari cover sampai lampiran washfa.pdf] Text
skripsi full dari cover sampai lampiran washfa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Washfa Rifdah Andia, Nomor Induk Mahasiswa 152190010, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan
“Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian ini adalah “Formulasi Strategi Bauran
Pemasaran Phia Deva Menggunakan Matriks SWOT dan dan Quantitative
Strategic Planning Matrix (QSPM).” Pembimbing 1 (satu) Sauptika Kancana dan
pembimbing 2 (dua) Adi Soeprapto.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi Phia Deva berdasarkan analisis di tahap pencocokan menggunakan kuadran SWOT dan prioritas strategi bauran pemasaran alternatif yang cocok diterapkan menurut matriks QSPM. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah sampel jenuh. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 14
(empat belas) orang informan. Objek pada penelitian yang dilakukan yaitu Phia
Deva yang terletak di Plosokuning Raya, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Teknik
analisis data menggunakan 3 (tiga) tahapan analisis data meliputi Tahap Input
menggunakan matriks EFE dan matriks IFE, Tahap Pencocokan menggunakan
matriks SWOT, dan Tahap Keputusan menggunakan matriks QSPM.
Hasil analisis tahap 1 menyatakan terdapat 11 (sebelas) faktor kunci eksternal dan 14 (empat belas) faktor kunci internal yang dapat berpengaruh pada formulasi strategi. Hasil analisis tahap 2 terdapat 9 (sembilan) alternatif strategi bauran
pemasaran yang didapatkan dari pencocokkan faktor-faktor eksternal dan internal.
Hasil prioritas strategi pemasaran dari perhitungan matriks QSPM pada tahap 3
dengan perolehan skor tertinggi adalah mengembangkan informasi produk pada
masyarakat luar Yogyakarta dengan promosi yang dapat dilakukan.
Saran dari peneliti untuk Phia Deva dapat mengembangkan pengenalan informasi produk dengan promosi yang tepat, meningkatkan kualitas produk dengan
adanya quality control, dan menyesuaikan inovasi produk sesuai dengan permintaan pasar dengan cara mengetahui varian rasa yang sedang digemari masyarakat.
Kata Kunci : Strategi pemasaran, matriks EFE, matriks IFE, matriks SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, matriks EFE, matriks IFE, matriks SWOT, QSPM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:14
Last Modified: 20 Jun 2023 02:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36025

Actions (login required)

View Item View Item