STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KABUPATEN KLATEN DALAM MENYOSIALISASIKAN SISTEM PELAYANAN ONLINE SAKURA (Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Dalam Jaringan)

PUSPANEGARA, LEVINIA YUNITASARI (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KABUPATEN KLATEN DALAM MENYOSIALISASIKAN SISTEM PELAYANAN ONLINE SAKURA (Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Dalam Jaringan). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. SKRIPSI FULL.pdf] Text
1. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 3. COVER.pdf] Text
3. COVER.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)

Abstract

Globalisasi dan kemajuan teknologi informasi memudahkan masyarakat di dunia
untuk mengakses informasi dan berkomunikasi. Hal ini berdampak terhadap
keinginan masyarakat untuk saling terhubung, tidak terkecuali pada sektor
pemerintahan. Pemerintah sebagai penyedia layanan dituntut untuk menghasilkan
sistem yang transparan, efisien, efektif, serta kemudahan akses informasi terkait
birokrasi yang sering disebut sebagai good governance. Upaya ini direspon oleh
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten. Mereka
menggunakan website untuk menciptakan sistem pelayanan administrasi online
yang bernama “Sistem Layanan Administrasi Kependudukan dalam Jaringan” yang
disingkat sebagai “Sakura”. Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten bertugas megenalkan sistem
pelayanan online Sakura kepada masyarakat yang bekerjasama dengan Dinas
Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klaten berperan sebagai fasilitator website
sistem pelayanan online Sakura dan Radio Candisewu FM. Penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui strategi komunikasi pemerintah Kabupaten Klaten dalam
menyosialisasikan sistem pelayanan online Sakura dengan menggunakan metode
kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori kesempurnaan media. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Klaten menggunakan strategi komunikasi informatif, persuasif, dan
edukatif. Strategi komunikasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten antara lain strategi komunikasi secara online
melalui website resmi dan media sosial (Twitter, Instagram, dan YouTube),
menciptakan berbagai inovasi pelayanan seperti operator desa SMARD, “Pelaut
Bala”, “Duka Tamat”, “Adek Manja”, “Mantep Lur”, “Seroja”, “Tanduk Katah”,
“Laradaku”, dan “Pandusakti”, serta strategi komunikasi secara offline dengan
melaksanakan talkshow bersama Radio Candisewu FM (@candisewufm), dan
mengadakan pelayanan administrasi kependudukan di event “Car Free Day” di
setiap akhir pekan.
Kata kunci : Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Sistem Pelayanan Online Sakura.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Sistem Pelayanan Online Sakura
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 15 Feb 2023 06:58
Last Modified: 15 Feb 2023 06:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32690

Actions (login required)

View Item View Item