REPRESENTASI TOLERANSI DALAM FILM “CAHAYA DARI TIMUR” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE DALAM FILM)

Lutfiah, Nur (2022) REPRESENTASI TOLERANSI DALAM FILM “CAHAYA DARI TIMUR” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE DALAM FILM). Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Abstrak- Nur Lutfiah 153180020.pdf] Text
Halaman Abstrak- Nur Lutfiah 153180020.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of Halaman Daftar Isi- Nur Lutfiah 153180020.pdf] Text
Halaman Daftar Isi- Nur Lutfiah 153180020.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of Halaman Judul Skripsi- Nur Lutfiah 153180020.pdf] Text
Halaman Judul Skripsi- Nur Lutfiah 153180020.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan- Nur Lutfiah 153180020.pdf] Text
Halaman Pengesahan- Nur Lutfiah 153180020.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of Skripsi Nur Lutfiah-153180020-Ujian Skripsi 7 Oktober 2022 FINALL.pdf] Text
Skripsi Nur Lutfiah-153180020-Ujian Skripsi 7 Oktober 2022 FINALL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Halaman Daftar Pustaka- Nur Lutfiah 153180020.pdf] Text
Halaman Daftar Pustaka- Nur Lutfiah 153180020.pdf

Download (224kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara multikultur dengan keberagaman ras, suku, dan agama.
Dampak dari adanya perbedaan tersebut dapat menimbulkan konflik dimasyarakat.
Perlu adanya toleransi dalam masyarakat ditumbuhkan pada masyarakat multikultur.
Toleransi bisa meredam konflik akibat perbedaan ras, suku, dan agama. Film sebagai
salah satu media masaa memiliki peran menumbuhkan toleransi. Salah satuunya film
yang dapat menumbuhkan toleransi yaitu film “Cahaya Dari Timur”. Film tersebut
mengambarkan bagaimana toleransi dalam kehidupan masyarakat. Dalam penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk toleransi yang direpresentasikan oleh film
tersebut menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Peirce membagi
tanda menjadi tiga bagian yaitu representament, object, dan interpretenat. Dengan
analisis menggunakan segitiga triadic melalui scene – scene yang dipilih representasi
toleransi dalam film “Cahaya Dari Timur” yaitu toleransi tidak hanya berbentuk sikap,
perkataan, atau tindakan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa
film “Cahaya Dari Timur”, merepresentasikan toleransi sesuai dengan aspek toleransi
yaitu kedamaian, menghargai perbedaan dan individu, serta kesadaran. Selain itu
bentuk dari toleransi bisa berupa pola pikir bagaimana memandang suatu masalah dan
menemukan solusi agar tidak menimbulkan masalah baru.
Kata kunci: Film, Cahaya Dari Timur, Semiotika, Representasi, Toleransi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Film, Cahaya Dari Timur, Semiotika, Representasi, Toleransi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:29
Last Modified: 26 Dec 2022 03:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32044

Actions (login required)

View Item View Item