Widyastuti, Intan Kusuma (2022) STRATEGI DIGITAL MARKETING KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS GENERASI Z DI YOGYAKARTA (STUDI DESKRIPTIF PADA BRAND LOKAL IMOKEY. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
ABSTRAK.pdf Download (404kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (157kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (913kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (913kB) |
|
Text
SKRIPSI LENGKAP YUDISIUM INTAN KUSUMA W (153180131).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (454kB) |
Abstract
Digital marketing merupakan proses pemasaran menggunakan teknologi
internet dan cara terbaik dalam memasarkan produk karena mampu menjangkau
konsumen, relevan, dan tepat sasaran. Tidak sedikit pelaku usaha khususnya
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mengenalkan merek dan
memasarkan produknya menggunakan digital marketing. Salah satu brand lokal
di Yogyakarta adalah brand Imokey. Brand Imokey ini sudah menggunakan
digital marketing dan pastinya memerlukan perencanaan strategi yang tepat dalam
melakukan digital marketing tersebut. Namun, ternyata masih banyak generasi Z
yang belum mengetahui keberadaan brand Imokey. Tujuan dari penelitian ini
untuk menganalisis strategi digital marketing komunikasi yang digunakan oleh
brand Imokey dalam meningkatkan brand awareness pada generasi Z. Penelitian
ini menggunakan model SOSTAC (Situation Analysis, Objective, Strategy,
Tactics, Action, dan Control) dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang
membahas dengan mendalam mengenai fenomena. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa brand Imokey dalam merencanakan strategi digital marketing sudah sesuai
dengan model SOSTAC yang di dalamnya terdapat situation analysis
menggunakan analisis SWOT, objective berisi tujuan menggunakan digital
marketing, strategi (segmentasi, targeting, dan positioning), taktik terdiri dari 4P
(product, price, place, dan promotion) serta promotional mix, action yang
menjelaskan proses pemasaran, dan control berupa evaluasi dari serangkaian
pemasaran yang telah dilakukan. Meskipun strategi digital marketing brand
Imokey dikatakan berasil karena sudah memenuhi enam elemen model SOSTAC,
namun dalam pelaksanaannya masih kurang maksimal karena value dan content
marketing dari brand Imokey masih belum ditonjolkan dan konsisten.
Kata kunci : strategi digital marketing, brand lokal Imokey, kesadaran merek
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi digital marketing, brand lokal Imokey, kesadaran merek |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 08:47 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 08:47 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31932 |
Actions (login required)
View Item |