STRATEGI MONETISASI PADA KONTEN MICROBLOG AKUN INSTAGRAM @NANTIKITASAMBATTENTANGHARIINI

Choiriyah, Illiyyin (2021) STRATEGI MONETISASI PADA KONTEN MICROBLOG AKUN INSTAGRAM @NANTIKITASAMBATTENTANGHARIINI. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of cover_153170057_illiyyin choiriyah.pdf] Text
cover_153170057_illiyyin choiriyah.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of abstrak_153170057_illiyyin choiriyah.pdf] Text
abstrak_153170057_illiyyin choiriyah.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of daftar isi_153170057_illiyyin choiriyah.pdf] Text
daftar isi_153170057_illiyyin choiriyah.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of daftar pustaka_153170057_illiyyin choiriyah.pdf] Text
daftar pustaka_153170057_illiyyin choiriyah.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of halaman pengesahan_153170057_illiyyin choiriyah.pdf] Text
halaman pengesahan_153170057_illiyyin choiriyah.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of skripsi fulltext_153170057_illiyyin choiriyah.pdf] Text
skripsi fulltext_153170057_illiyyin choiriyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Instagram menjadi plaform media sosial yang banyak digunakan masyarakat
Indonesia. Platform media sosial yang mengandalkan kekuatan visual ini
memberikan kesempatan untuk para penggunanya aktif sebagai penyedia konten.
Saat ini konten microblog menjadi trend yang berkembang dalam instagram. Trend
ini dimanfaatkan oleh kreator konten untuk melakukan monetisasi pada konten
microblog. Akun instagram yang aktif melakukan monetisasi pada konten
microblog adalah @nantikitasambattentanghariini. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi monetisasi pada konten microblog yang diterapkan kreator
konten akun tersebut. Juga, untuk mengetahui hasil dari strategi monetisasi yang
diterapkan. Selain itu, untuk mengetahui kendala dan tantangan dalam melakukan
monetisasi konten microblog. Penelitian ini menggunakan Model Monetisasi
Media sosial dan konsep konten microblog. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menemukan bahwa
akun @nantikitasambattentanghariini menerapkan strategi monetisasi yaitu dengan
mengangkat hal yang bersifat pribadi menjadi kepentingan umum untuk
memuaskan pengikut. Akun ini untuk mendapatkan pemasukan melalui iklan
(product placement) dan direct selling dengan menciptakan produk dan jasa yang
sejalan dengan citra akun tersebut. Untuk menawarkan produk dan jasa melalui
iklan dengan pendekatan softselling. Hal ini bertujuan supaya iklan tetap dapat
dinikmati sebagai konten original microblog dari akun. Adapun hasil strategi
monetisasi yang didapatkan adalah adanya dampak finansial dan non finansial.
Kata kunci : Instagram, Konten Microblog, Monetisasi, Akun
@nantikitasambattentanghariini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Konten Microblog, Monetisasi, Akun @nantikitasambattentanghariini.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Dec 2022 04:48
Last Modified: 16 Dec 2022 04:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31911

Actions (login required)

View Item View Item