Yudantoko, Aryo (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TIKET.COM DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN PADA MASA PANDEMI (Penggunaan Video Live Instagram @tiketcom sebagai Media Promosi). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
Abstrak ARYO YUDANTOKO 153140130.pdf Download (55kB) |
|
Text
Daftar Isi ARYO YUDANTOKO 153140130.pdf Download (59kB) |
|
Text
Daftar Pustaka ARYO YUDANTOKO 153140130.pdf Download (49kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan ARYO YUDANTOKO 153140130.pdf Download (116kB) |
|
Text
SKRIPSI ARYO YUDANTOKO 153140130 Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pandemi covid 19 membuat perekonomian di Indonesia menurun drastis,
salah satu yang terdampak signifikan adalah dunia pariwisata Indonesia.
Tiket.com, salah satu Online Travel Agent di Indonesia yang bergerak di
bidang Pariwisata harus memasarkan produknya secara kreatif agar tetap
eksis. Media yang digunakan oleh Tiket.com adalah Instagram. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang
dilakukan oleh Tiket.com dalam menghadapi situasi saat ini. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teori perencanaan dan komunikasi
pemasaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus deskriptif
kualitatif yang bertujuan untuk menginformasikan fakta dan menyesuaikan
situasi atau peristiwa yang ada. Objek penelitian ini adalah Multimedia
Production Manager Tiket.com, dan para konsumen Tiket.com. Metode
pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi.
Teknik analisa data adalah analisis kualitatif dengan menggunakan teknik
triangulasi sebagai uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa strategi komunikasi pemasaran di media sosial Instagram dengan
memanfaatkan fitur Instagram Live, program yang dilakukan dengan cara
membuat siaran langsung pada media instagram yang didalamnya
disisipkan berbagai promo yang menarik pelanggan. Hingga saat ini
Tiket.com memanfaatkan fitur Instagram Live sebagai media pemasaran
dan penyebaran pesan, namun masih kurang inovasi dalam konsep live yang
dilakukan, sehingga perlu peningkatan untuk tercapainya tujuan.
Pengukuran hasil atas pemasaran yang sudah dilakukan juga harus diihat
dari berbagai sisi, tidak hanya data penjualan setiap bulannya.
Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, Teori Perencanaan, Media Sosial,
Instagram Live
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Teori Perencanaan, Media Sosial, Instagram Live |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 07:58 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 07:58 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31799 |
Actions (login required)
View Item |