Islama, Afiifah Annisaa (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT KONSUMEN MENGGUNAKAAN PRODUK PEMBIAYAAN BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Pelaku UMKM Pasar Beringharjo Yogyakarta). Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Full - Afiifah Annisaa Islama 152150095.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (86kB) |
|
Text
5. Daftar Isi.pdf Download (101kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka.pdf Download (166kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (619kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kepercayaan terhadap minat konsumen menggunakan produk pembiayaan bank
syariah, mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap
minat konsumen menggunakan produk pembiayaan bank syariah, dan mengetahui
dan menganalisis pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan secara simultan
terhadap minat konsumen menggunakan produk pembiayaan bank syariah studi
kasus pada pelaku UMKM Pasar Beringharjo Yogyakarta. Hasil penelitian dapat
digunakan untuk meningkatkan pemahaman bagi bank syariah tentang
karakteristik nasabah dalam menentukan pilihannya, sehingga sebuah lembaga
keuangan dapat mengoptimalkan serta mengembangkan pelayanannya kepada
masyarakat khususnya pada pelaku UMKM.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanatory dengan pendekatan
kuantitatif. Variabel penelitian yaitu kepercayaan (X1), kualitas pelayanan (X2)
dan minat menggunakan produk pembiayaan (Y). Populasi dalam penelitian ini
yaitu seluruh UMKM di Pasar Beringharjo, rumus pengambilan sampel dengan
rumus Yamane diperoleh sampel sebanyak 100 UMKM. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan skala likert.
Analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi Uji T pada variabel
kepercayaan sebesar 0,041< 0,05, yang berarti secara parsial variabel kepercayaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat UMKM menggunakan
pembiayaan syariah. Variabel kualitas pelayanan memiliki nilai signifikansi
sebesar 0,002 < 0,05, yang berarti secara parsial variabel kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat UMKM menggunakan
pembiayaan syariah. Hasil uji F yakni 0,000 < 0,05. Ketika nilai Uji F berada pada
dibawah tingkat signifikansi menunjukkan bahwa kepercayaan dan kualitas
pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat
konsumen menggunakan pembiayaan syariah bagi UMKM Pasar Beringharjo
Yogyakarta. Nilai Adjusted r-squared sebesar 37,2 persen. Hal tersebut berarti
bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat UMKM pasar Beringharjo dalam
menggunakan pembiayaan syariah dapat dijelaskan oleh variabel kepercayaan dan
kualitas pelayanan sebesar 37,2 persen. Sisanya dijelaskan atau dipengaruhi oleh
variabel lain.
Kata kunci : Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Minat Konsumen, Bank Syariah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Minat Konsumen, Bank Syariah |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 02 Sep 2022 07:25 |
Last Modified: | 02 Sep 2022 07:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30853 |
Actions (login required)
View Item |