POLA KOMUNIKASI GURU DAN SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TK ABA KALANGAN, BANGUNTAPAN, BANTUL PADA MASA PANDEMI COVID-19

MAHARANI, FARADINA CHEYSHA (2021) POLA KOMUNIKASI GURU DAN SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TK ABA KALANGAN, BANGUNTAPAN, BANTUL PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi FULL_Faradina Cheysha M_153160079_IK16_FIX.pdf] Text
Skripsi FULL_Faradina Cheysha M_153160079_IK16_FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak Skripsi_Faradina Cheysha M_153160079_IlmuKomunikasi_2016.pdf] Text
Abstrak Skripsi_Faradina Cheysha M_153160079_IlmuKomunikasi_2016.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of Cover Skripsi_Faradina Cheysha M_153160079_IlmuKomunikasi_2016.pdf] Text
Cover Skripsi_Faradina Cheysha M_153160079_IlmuKomunikasi_2016.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of Daftar Isi Skripsi_Faradina Cheysha M_153160079_IlmuKomunikasi_2016 (1).pdf] Text
Daftar Isi Skripsi_Faradina Cheysha M_153160079_IlmuKomunikasi_2016 (1).pdf

Download (18kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka Skripsi_Faradina Cheysha M_153160079_IlmuKomunikasi_2016.pdf] Text
Daftar Pustaka Skripsi_Faradina Cheysha M_153160079_IlmuKomunikasi_2016.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan Skripsi_Faradina Cheysha M_153160079_IlmuKomunikasi_2016.pdf] Text
Lembar Pengesahan Skripsi_Faradina Cheysha M_153160079_IlmuKomunikasi_2016.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi guru
dan siswa TK ABA Kalangan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh
selama pandemi COVID-19 (Corona Virus Disease) menggunakan
pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif dengan melakukan
pengamatan dan wawancara langsung dengan narasumber yang mempunyai
kaitan erat dengan siswa TK ABA Kalangan. Penelitian ini menggunakan
kerangka pemikiran dari Stephen W. Little John. Model Komunikasi yang
digunakan sebagai rujukan dalam penelitian ini yaitu Model Komunikasi
Aristoteles, David K. Berlo, Bovee & Thill, dan Teori Informasi. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif Miles dan Hubberman.
Komunikasi antara guru dan siswa tercipta pola komunkasi secara dua arah
dengan peran serta orangtua. Selama proses pembelajaran daring, rang tua
tidak hanya berfungsi sebagai tempat pendidikan anak yang pertama, namun
juga berperan dalam membentuk karakter, nilai agama dan budi pekerti.
Dalam hubungan ini, bagian terpenting adalah respon atau umpan balik dari
siswa-siswi atas informasi yang disampaikan oleh guru. Komunikasi guru dan
siswa mengacu pada penggunaan simbol berupa bahasa verbal dan non verbal
pada proses pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya komunikasi antara guru
dan siswa dengan pendampingan orangtua yang diterapkan saat pembelajaran
daring, dapat menciptakan interaksi yang sinergis antara guru dan siswa serta
pesan yang disampaikan oleh guru dapat diterima dengan baik oleh siswa.
Kata Kunci: Pola Komunikasi, COVID-19, Pembelajaran Jarak Jauh,
Peran Orang Tua

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, COVID-19, Pembelajaran Jarak Jauh, Peran Orang Tua
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Apr 2022 06:27
Last Modified: 12 Apr 2022 06:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29472

Actions (login required)

View Item View Item