STUDI SEMIOTIKA KOMUNIKASI REPRESENTASI PERSONALITAS MEREK KOSMETIK MADAME GIE DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Permata, Theresia Kyrie Dian (2020) STUDI SEMIOTIKA KOMUNIKASI REPRESENTASI PERSONALITAS MEREK KOSMETIK MADAME GIE DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of TheresiaKyrieDP_UJIANSKRIPSI_20JULI2020.pdf] Text
TheresiaKyrieDP_UJIANSKRIPSI_20JULI2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[thumbnail of lembarr pengesahan-dikonversi.pdf]
Preview
Text
lembarr pengesahan-dikonversi.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of judul-dikonversi-1.pdf]
Preview
Text
judul-dikonversi-1.pdf

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of Daftar pustaka ky.pdf]
Preview
Text
Daftar pustaka ky.pdf

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of daftar isi ky.pdf]
Preview
Text
daftar isi ky.pdf

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of abstrak kyrie.pdf]
Preview
Text
abstrak kyrie.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Madame Gie oleh Gisella Anastasia merupakan merek kosmetik lokal
Indonesia yang telah berdiri selama pada tahun 2018. Madame Gie mempunyai
akun Instagram untuk berbagi informasi serta mempromosikan produknya
(@madame.gie). Persaingan bisnis yang semakin kompetitif membuat Madame Gie
membentuk personalitas merek yang membedakannya dengan merek kompetitor
sehingga citra merek dapat berdampak pada citra merek perusahaan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui representasi personalitas merek yang ditampilkan
dalam konten Instagram Madame Gie. Metode penelitian ini adalah kualitatif
dengan jenis pendekatan interpretif, pengumpulan data menggunakan studi pustaka.
Penelitian ini menggunakan semiotika oleh Sanders Pierce yang diharapkan bisa
menjelaskan fenomena yang sedang terjadi dengan lebih jelas. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Madame Gie menampilkan 4 dimensi personalitas merek dalam
konten Instagramnya. Dimensi pertama adalah ketulusan, kegembiraan, kompeten
dan kecanggihan. Melalui keempat dimensi ini Madame Gie menunjukan
personalitas merek yang sesuai. Madame Gie menunjukan bahwa merek ini adalah
kosmetik lokal dengan harga terjangkau yang menunjukan femininitas dengan sifat
ceria dan sebuah merek yang sangat trendi dan terkini sesuai target pasarnya yaitu
perempuan Indonesia remaja hingga dewasa. Madame Gie juga merupakan merek
kosmetik yang berkelas lewat tema merek yang digunakan. Media sosial Instagram
juga memiliki peranan yang penting untuk mengkomunikasikan personalitas merek
yang terus dibangun kepada para audiensnya.
Kata kunci: Madame Gie, Personalitas Merek, Semiotika, Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Madame Gie, Personalitas Merek, Semiotika, Instagram.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:53
Last Modified: 15 Nov 2023 08:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26813

Actions (login required)

View Item View Item