PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP EKSISTENSI DIRI MAHASISWA (Studi pada akun instagram @mahasiswajogja.id)

LESTARI, RIZKA INTEN AYU (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP EKSISTENSI DIRI MAHASISWA (Studi pada akun instagram @mahasiswajogja.id). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover skripsi-1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-7.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI-8.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-8.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN..pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
skripsi rizka habis sidang (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan instagram terpengaruh terhadap keberadaan mahasiswa yaitu dengan perubahan perilaku mahasiswa akan kesadaran dirinya menampilkan berbagai hal yang ia dokumentasikan ke dalam bentuk foto sebagai ajang untuk menunjukkan keberadaan dirinya kepada dunia luar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media social instagram terhadap eksistensi diri mahasiswa dan mengetahui faktor-faktor yang mendorong mahasiswa dalam memanfaatkan media sosial instagram. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tehnological Determinism Theory, komunikasi termediasi komputer dan terpaan media. Metode penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah followers dalam akun instagram @mahasiswajogja.id terhitung sampai dengan bulan Februari 2020. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh penggunaan media sosial Instagram @mahasiswajogja terhadap eksistensi diri followers. Hasil analisis penggunaan penggunaan akun instagram @mahasiswajogja.id pada mahasiswa di Yogyakarta rendah, hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa responden memiliki frekuensi penggunakan yang rendah serta memiliki intensitas yang rendah pula. Hasil analisis deskriptif variable eksistensi diri masuk dalam kategori rendah. Hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian terbukti yaitu ada pengaruh penggunaan media sosial Instagram @mahasiswajogja terhadap eksistensi diri followers. Kata kunci : Instagram, Eksistensi Diri, Perubahan Perilaku

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Eksistensi Diri, Perubahan Perilaku
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:38
Last Modified: 28 Sep 2021 06:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26805

Actions (login required)

View Item View Item