PENENTUAN RELIABILITAS KERJA PENGATUR PERJALANAN KERETA API (PPKA) MENGGUNAKAN METODE HUMAN ERROR ASSESSMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART) (Studi kasus pada ruang kendali Stasiun Yogyakarta Daerah Operasi VI)

Nandhea, Sefinda (2021) PENENTUAN RELIABILITAS KERJA PENGATUR PERJALANAN KERETA API (PPKA) MENGGUNAKAN METODE HUMAN ERROR ASSESSMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART) (Studi kasus pada ruang kendali Stasiun Yogyakarta Daerah Operasi VI). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK_SEFINDA NANDHEA.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_SEFINDA NANDHEA.pdf

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of COVER_SEFINDA NANDHEA.pdf]
Preview
Text
COVER_SEFINDA NANDHEA.pdf

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI_SEFINDA NANDHEA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI_SEFINDA NANDHEA.pdf

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_SEFINDA NANDHEA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SEFINDA NANDHEA.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_SEFINDA NANDHEA.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN_SEFINDA NANDHEA.pdf

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL-SEFINDA-NANDHEA.pdf] Text
SKRIPSI-FULL-SEFINDA-NANDHEA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) bertugas mengatur dan melayani perjalanan kereta api di stasiun tertentu. PPKA di Stasiun Yogyakarta bekerja menggunakan meja pelayanan jenis local control panel. Terdapat 19 gangguan meja pelayanan pada bulan November 2020-Maret 2021 yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Gangguan tersebut memberikan peluang eror pada pelayanan perjalanan kereta api. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan reliabilitas atau keandalan PPKA berdasarkan peluang eror sehingga dapat diberikan rekomendasi perbaikan.
Interaksi manusia dengan suatu mesin atau alat memiliki probabilitas human error. Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART) adalah salah satu metode Human Reliability Analysis (HRA) yang dirancang untuk menilai atau menghitung risiko human error secara cepat dan sederhana dalam sebuah industri. HEART dapat mengetahui nilai Human Error Probability (HEP) dengan cara mengidentifikasi peluang kesalahan dan konsekuensi kegagalan pada suatu pekerjaan.
Berdasarkan hasil penelitian, pekerjaan dengan reliabilitas kategori rendah adalah saat melayani perjalanan kereta api pada waktu yang tidak sesuai dengan peraturan perjalanan sebesar 0,6996 dan saat melaksanakan SOP keadaan darurat sebesar 0,5183. Rekomendasi yang dilakukan untuk mengurangi human error adalah pengawasan oleh pimpinan atau senior PPKA terutama pada pukul 07.00-10.00 dan pukul 22.00-04.00, penerapan SOP PPKA saat keadaan darurat yang dapat dipasang di ruang kendali, pembuatan job description PPKA, dan penerapan meja pelayanan PPKA jenis Visual Display Unit (VDU).
Kata kunci: keandalan manusia, kelalaian manusia, PPKA, HEART

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: keandalan manusia, kelalaian manusia, PPKA, HEART
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:05
Last Modified: 27 Dec 2022 01:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26099

Actions (login required)

View Item View Item