ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK SMARTPHONE OPPO DENGAN PENDEKATAN MULTI ATRIBUT FISHBEIN Studi pada Konsumen OPPO di OPPO Service Center Jogjatronik Mall)

Ligatama, Yanuartyka (2021) ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK SMARTPHONE OPPO DENGAN PENDEKATAN MULTI ATRIBUT FISHBEIN Studi pada Konsumen OPPO di OPPO Service Center Jogjatronik Mall). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Yanuartyka Ligatama, Nomor Induk Mahasiswa 152130049, Program Studi
Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian: Analisis Sikap
Konsumen terhadap Atribut Produk Smartphone OPPO dengan Pendekatan Multi
Atribut Fishbein (Studi pada Konsumen OPPO di OPPO Service Center
Jogjatronik Mall), 2020. Dosen pembimbing I, Sauptika Kancana. Dosen
pembimbing II Suratna.
Tujuan penelitian ini adalah untuk adalah untuk mengetahui sikap
konsumen terhadap atribut produk smartphone OPPO melalui pendekatan
Multiatribut Fishbein.
Tipe Penelitian ini deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan
metode kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability
sampling. Teknik menentukan sampel menggunakan sistematic random sampling.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Smartphone OPPO di OPPO
Service Center Jogjatronik Mall. Ukuran sampel sebesar 69 responden. Teknik
analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif, Cochran Q Test
dan Model Multiatribut Fishbein.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu sikap konsumen terhadap atribut
produk Smartphone OPPO tidak terdapat negatif ataupun netral. Nilai sikap untuk
atribut prossesor canggih 53 (positif) atau 73,61%, kamera beresolusi tinggi dan
jernih 54,2 (positif) atau 75,27%, daya tahan baterai 34,3 (positif) atau 71,45%,
fast charging 36,2 (positif) atau 75,41%, desain yang elegan 53,3 (positif) atau
74,02%, dan warna yang beragam 52,6 (positif) atau 73,05%. Nilai sikap
konsumen terhadap atribut produk Smartphone OPPO secara keseluruhan adalah
positif yaitu dengan nilai 283,8 atau 73,85%.
Saran dalam penelitian ini adalah perusahaan harus tetap mempertahankan
dan meningkatkan atribut daya tahan baterai dalam produk Smartphone OPPO
karena dalam penilaian konsumen sudah positif tetapi paling rendah. Hal yang
perlu ditingkatkan daya baterai tetap awet tidak cepat boros dan tidak cepat panas.
Perlunya inovasi dalam ketahanan baterai yang tetap berhubungan dengan kondisi
prosessor. Selain itu perusahaan juga perlu menambahkan keterangan untuk
pemakaian Smartphone OPPO yang berhubungan dengan daya tahan baterai atau
menginformasikan sesuai dengan standar kapasitas maksimal untuk
penggunaannya. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah menggunakan ukuran
sampel yang lebih besar dengan kriteria yang lebih luas lagi dan mencakup semua
elemen populasi sehingga hasil yang diperoleh dapat lebih mencerminkan kondisi
yang sebenarnya, hasil mampu digeneralisasikan dan lebih representatif. Selain itu
juga dapat dilakukan dengan melakukan pengembangan terhadap model ini
dengan menambahkan variabel lain atau pun model konsep lain yang belum
digunakan pada model penelitian ini.
Kata Kunci: Atribut Produk Smartphone OPPO, Cochran Q Test dan
Model Multiatribut Fishbein.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:55
Last Modified: 18 Jun 2021 02:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25936

Actions (login required)

View Item View Item