REPRESENTASI KECANTIKAN PEREMPUAN DAN GENDER DALAM IKLAN NIVEA #EXTRACARE FOR EXTRA WOMEN DI YOUTUBE

CLARISSA, INEZ NATALIE (2021) REPRESENTASI KECANTIKAN PEREMPUAN DAN GENDER DALAM IKLAN NIVEA #EXTRACARE FOR EXTRA WOMEN DI YOUTUBE. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. COVER SKRIPSI_INEZ NATALIE CLARISSA_153160091.pdf]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI_INEZ NATALIE CLARISSA_153160091.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2. PENGESAHAN PEMBIMBING SKRIPSI_INEZ NATALIE CLARISSA_153160091.pdf]
Preview
Text
2. PENGESAHAN PEMBIMBING SKRIPSI_INEZ NATALIE CLARISSA_153160091.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI SKRIPSI_INEZ NATALIE CLARISSA_153160091.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI SKRIPSI_INEZ NATALIE CLARISSA_153160091.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRAK SKRIPSI_INEZ NATALIE CLARISSA_153160091.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRAK SKRIPSI_INEZ NATALIE CLARISSA_153160091.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Daftar pustaka (3).pdf]
Preview
Text
Daftar pustaka (3).pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 5.-SKRIPSI-INEZ-NATALIE-CLARISSA-153160091.pdf] Text
5.-SKRIPSI-INEZ-NATALIE-CLARISSA-153160091.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Iklan merupakan salah satu cara untuk mempromosikan atau mengenalkan suatu produk/jasa kepada masyarakat. Iklan bisa kita temui di berbagai platform dengan daya tarik dan jenis pendekatan yang berbeda-beda. Skripsi ini meneliti mengenai bagaimana representasi gender dalam iklan NIVEA #ExtraCare for Extra Women yang diunggah di YouTube NIVEA Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah desktiptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian Analisis Semiotika Roland Barthes, untuk melihat makna tanda dalam iklan, denotatif, konotatif, dan mitologi dalam iklan tersebut. Teori yang digunakan adalah teori representasi dan gender. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanda, makna, dan mitos yang ada direpresentasikan oleh ketiga wanita di dalam iklan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa iklan dengan representasi khususnya perempuan-perempuan seperti ini bisa digunakan untuk perluasan segmentasi pasar, dan masih terdapat stereotip dan subordinasi gender di Indonesia. Terdapat standar kecantikan tidak hanya di dalam iklan sehingga menyebabkan stereotip kecantikan seperti yang dirasakan juga diutarakan perempuan dalam iklan ini dan juga masih terdapat subordinasi gender bahwa perempuan dinomorduakan di Indonesia. Hal itu menyimpulkan bahwa perempuan berbeda-berbeda, tidak ada limitasi dalam hidupnya, dan memiliki keinginan serta pilihan.
Kata kunci: representasi, gender, semiotika, Roland Barthes, iklan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: representasi, gender, semiotika, Roland Barthes, iklan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:11
Last Modified: 19 Dec 2022 06:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25788

Actions (login required)

View Item View Item