PENGARUH DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Divisi Produksi PT. Mandiri Jogja Internasional)

ILHAMI, AULIA (2020) PENGARUH DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Divisi Produksi PT. Mandiri Jogja Internasional). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
AULIA ILHAMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI-dikonversi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LE MBAR PENG ESAHAN-dikonversi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
PENGARUH DISIPLIN KERJA-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan divisi produksi PT. Mandiri Jogja Internasional. Ukuran sampel dalam penelitian ini 94 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial yang menggunakan metode statistik partial least square dengan bantuan aplikasi Smart PLS 3.2.0. Hasil penelitian menunjukkan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, disiplin kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Pengujian secara tidak langsung, menunjukkan kepuasan kerja dapat memediasi disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja dapat memoderasi antara lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan perlu meningkatkan kinerja karyawan melalui peningkatakan disiplin kerja dengan memberlakukan aturan yang lebih tegas dan memberlakukan denda terhadap karyawan yang melanggar aturan, sehingga tingkat keterlambatan dan absen (alpa) lebih sedikit. perusahaan diharapkan dapat menyediakan petugas keamanan yang dapat membantu menjaga keamanan diluar maupun didalam perusahaan. Petugas keamanan dapat dipilih dari masyarakat sekitar, yang tentunya mengenal keadaan lingkungan sekitar perusahaan. Perusahaan perlu memperhatikan kondisi lingkungan kerja yang panas dengan penyediaan ventilasi dan alat pertukaran udara yang memadai untuk memberikan rasa nyaman, sehingga timbul kepuasan kerja dan kinerja karyawan lebih meningkat. selain itu, untuk memberikan rasa puas terhadap karyawan dan menciptakan kinerja karyawan yang lebih baik, perusahaan dapat memberikan balas jasa yang sesuai seperti fasilitas memadai, reward dan pelatihan guna membantu karyawan dalam meningkatkan skill nya yang bermanfaat untuk pekerjaanya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan model ini dengan menambahkan variabel atau indikator lainnya yang belum digunakan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:36
Last Modified: 13 Apr 2021 05:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25191

Actions (login required)

View Item View Item