PENGARUH TOURIST MOTIVATION DAN AUTHENTICITY TERHADAP MEMORABLE TOURIST EXPERIENCE SERTA DAMPAKNYA TOURIST SATISFACTION (Studi pada Wisatawan yang Sudah Pernah Berkunjung di Objek Wisata Kraton Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta)

MUHAMMAD HANIF, MUHAMMAD HANIF (2020) PENGARUH TOURIST MOTIVATION DAN AUTHENTICITY TERHADAP MEMORABLE TOURIST EXPERIENCE SERTA DAMPAKNYA TOURIST SATISFACTION (Studi pada Wisatawan yang Sudah Pernah Berkunjung di Objek Wisata Kraton Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-Muhammad-Hanif-152160014.pdf] Text
Skripsi-Muhammad-Hanif-152160014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Hanif, Nomor Induk Mahasiswa 152160014, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “Pengaruh Tourist
Motivation dan Authenticity terhadap Memorble Tourist Experience serta
dampaknya Tourist Satisfaction (Studi Pada Wisatawan yang telah Berkunjung di
Objek Wisata Kraton Yogyakarta, Kota Yogyakarta)”. Pembimbing 1 Eny Endah
Pujiastuti dan Pembimbing II Meilan Sugiarto.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tourist Motivation
dan Authenticity terhadap Memorble Tourist Experience serta dampaknya Tourist
Satisfaction (Studi Pada Wisatawan yang telah Berkunjung di Objek Wisata Kraton
Yogyakarta, Kota Yogyakarta). Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan
Kraton Yogyakarta yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Penelitian ini
menggunakan tipe explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam
penelitian ini merupakan wisatawan Kraton Yogyakarta yang sudah pernah
berkunjung ke Objek Wisata Kraton Yogyakarta. Ukuran sampel dengan 126
responden didapatkan dari perhitungan rumus Machin dan Cambell. Teknik
sampling yang digunakan adalah nonprobalility sampling. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif yang dijelaskan melalui data tabel, dan analisis
statistik inferensial menggunakan SEM AMOS.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Tourist Motivation
berpengaruh signifikan terhadap Memorable Tourist Experience, Authenticity
berpengaruh signifikan terhadap Memorable Tourist Experience, Tourist
Motivation berpengaruh signifikan terhadap Tourist Satisfaction, Authenticity
berpengaruh signifikan terhadap Tourist Satisfaction, Memorable Tourist
Experiencce berpengaruh signifikan terhadap Tourist Satisfaction, Tourist
Motivation berpengaruh signifikan terhadap Tourist Satisfaction melalui
Memorable Tourist Experience, Authenticity berpengaruh signifikan terhadap
Tourist Satisfaction melalui Memorable Tourist Experience,
Berdasarkan hasil penelitian, Kraton Yogyakarta harus mampu
mempertahankan dan meningkatkan Motivasi berkunjunng wisatawan dan
Keaslian warisan budaya setempat agar wisatawan mendapatkan Pengalaman
wisata berkesan saat melakukan kunjungan sehingga mampu menciptakan
Kepuasan Wisatawan terhadap destinasi wisata tersebut.
Kata Kunci: Tourist Motivation, Authenticity, Memorable Tourist Experience,
Tourist Satisfaction

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tourist Motivation, Authenticity, Memorable Tourist Experience, Tourist Satisfaction
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:51
Last Modified: 18 Jan 2023 01:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24275

Actions (login required)

View Item View Item