REALISASI HAK PUBLIK DALAM PRODUKSI FILM INDONESIA VERSI TEKS BAHASA INDONESIA (Studi Deskriptif Penggunaan Teks Bahasa Indonesia Pada Film Keluarga Cemara Produksi Visinema Pictures)

Warisno, Nanang Panji (2020) REALISASI HAK PUBLIK DALAM PRODUKSI FILM INDONESIA VERSI TEKS BAHASA INDONESIA (Studi Deskriptif Penggunaan Teks Bahasa Indonesia Pada Film Keluarga Cemara Produksi Visinema Pictures). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL-PANJI-153150091.pdf] Text
SKRIPSI-FULL-PANJI-153150091.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangaan media massa film sebagai penyalur informasi dan hiburan berkembang dengan pesat. Publik dimudahkan dalam mengakses film dari datang ke bioskop atau streaming melalui internet. Namun, kemudahan akses tersebut belum dapat dinikmati sepenuhnya oleh penyandang tuli yang memiliki gangguan pendengaran. Melalui film Keluarga Cemara versi teks bahasa Indonesia, penyandang tuli dapat menikmati film Indonesia dengan nyaman. Penggunaan teks pada film ini diwujudkan dengan setiap bentuk suara yang ada pada film diterjemahkan menjadi bentuk teks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses realisasi teks bahasa Indonesia pada film dan faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pegumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumen. Pada penelitian ini menggunakan teori normatif media sebagai kerangka teoritis. Hasil penelitian ini menemukan bahawa proses realisasi teks bahasa Indonesia pada film Keluarga Cemara karena adanya kebijakan pembuat film, pengaruh dari luar yaitu penyandang tuli sendiri, dan realisasi teks yang cermat. Sedangkan faktor penghambat realisasi disebabkan karena faktor peraturan dari pemerintah yang tidak mengikat dan kebijakan dari produsen film itu sendiri.
Kata Kunci : Film, Hak Publik, Teks Bahasa Indonesia, Tuli

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Film, Hak Publik, Teks Bahasa Indonesia, Tuli
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:50
Last Modified: 13 Mar 2023 04:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24048

Actions (login required)

View Item View Item