PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TURNOVER INTENTION (Studi Pada Sales Force CV. Sumber Baru Niaga Yogyakarta)

Krismantoro, Krismantoro (2020) PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TURNOVER INTENTION (Studi Pada Sales Force CV. Sumber Baru Niaga Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Krismantoro, Nomor Induk Mahasiswa 152160085, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian “Pengaruh disiplin kerja dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional serta implikasinya terhadap turnover intention (Studi Pada Sales Force CV. Sumber Baru Niaga Yogyakarta), 2020. Dosen pembimbing I Dr. Hastho Joko Nur Utomo, M.S.i dan dosen pembimbing II Dr. Susanta, M.Si. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh disiplin kerja dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional serta implikasinya terhadap turnover intention . Penelitian ini menggunakan tipe penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah sales force CV. Sumber Baru Niaga Yogyakarta. Ukuran Sampel pada penelitian ini 65 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Data penelitian merupakan data primer yaitu langsung diambil dari sales force CV. Sumber Baru Niaga Yogyakarta.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Teknik analisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Software yang digunakan untuk mengolah data penelitian ini adalah SmartPLS 3. Hasil penelitian penelitian menunjukkan ada pengaruh negatif dan signifikan antara disiplin kerja terhadap turnover intention. Ada pengaruh positif dan signifikan antara disiplin kerja terhadap komitmen organisasional. Ada pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional, ada pengaruh negatif dan signifikan antara kepuasan kerja terhadap turnover intention. Ada pengaruh negatif dan signifikan antara komitmen organisasional terhadap turnover intention. Ada pengaruh negatif dan signifikan antara disiplin kerja terhadap turnover intention melalui komitmen organisasional. Ada pengaruh negative dan signifikan antara kepuasan kerja terhadap turnover intention melalui komitmen organisasional. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan perusahaan memperhatikan tingkat turnover intention dengan cara memberikan motivasi lebih terhadap sales force. Selain itu perusahaan diharapkan lebih memperhatikan disiplin kerja, kepuasan kerja dan komitmen organisasional dengan cara memberikan reword yang jelas kepada sales force yang berprestasi dan memberikan punishment yang tegas pada sales force yang melanggar aturan.
Kata kunci : Disiplin kerja, kepuasan kerja, komitmen organisasional, turnover intention

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Disiplin kerja, kepuasan kerja, komitmen organisasional, turnover intention
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Nov 2020 02:50
Last Modified: 10 Mar 2023 03:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23904

Actions (login required)

View Item View Item