PENGARUH BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP STRES KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA TURNOVER INTENTION (Studi pada Karyawan PT. Taru Martani di Yogyakarta)

PRATAMA, YUDA ZANUAR ROBY (2020) PENGARUH BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP STRES KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA TURNOVER INTENTION (Studi pada Karyawan PT. Taru Martani di Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of Daftar isi.pdf]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of lembar pengesahan roby (1) (1).pdf]
Preview
Text
lembar pengesahan roby (1) (1).pdf

Download (810kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-Yuda-zanuar-roby-pratama--152160063.pdf] Text
Skripsi-Yuda-zanuar-roby-pratama--152160063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Yuda Zanuar Roby Pratama, Nomor Induk Mahasiswa 152160063, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarya. Judul Penelitian “Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Stres Kerja Serta Dampaknya Pada Turnover Intention “(Studi Pada Karyawan PT Taru Martani di Yogyakarta), 2020. Dosen pembimbing I Lukmono Hadi dan dosen pembimbing II Sadeli.
Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Beban kerja dan Lingkungan kerja terhadap Stres kerja serta dampaknya pada Turnover Intention. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah Karyawan PT Taru Martani di Yogyakarta. Ukuran sampel pada penelitian ini 65 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional unstratifed random sampling. Data penelitian merupakan data primer yaitu langsung di ambil di PT Taru Martani di Yogyakarta. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Metode analisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Software yang digunakan untuk mengolah data penelitian ini adalah SmartPLS 3.
Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh positif dan signifikan antara beban kerja terhadap turnover intention. Ada pengaruh positif dan signifikan antara beban kerja terhadap stres kerja. Ada pengaruh negatif dan signifikan lingkungan kerja terhadap stres kerja. Ada pengaruh negatif dan signifikan lingkungan kerja terhadap turnover intention. Ada pengaruh positif dan signifikan stres kerja terhadap turnover intention. Pengujian pengaruh tak langsung menunjukan stres kerja mampu memediasi beban kerja terhadap turnover intention. stres kerja mampu memediasi lingkungan kerja terhadap turnover intention.
Berdasarkan hasil penelitian.Perusahaan harus melakukan pengelolaan terhadap tingkat Turnover pada karyawan perusahaan yang timbul akibat stres kerja yang dipengaruhi oleh beban kerja yang tinggi serta lingkungan kerja yang kurang kondusif,Perusahaan dapat melakukan pemberian reward yang jelas atas pencapaian kerja karyawan serta pemasangan alat peredam kebisingan agar lingkungan kerja kondusif,diharapkan dapat menurunkan tingkat stress kerja karyawan dan karyawan semakin betah dan nyaman bekerja di perusahaan.
Kata kunci: Beban Kerja, Lingkungan kerja , Stres Kerja, dan Turnover Intention

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja, Lingkungan kerja , Stres Kerja, dan Turnover Intention
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:31
Last Modified: 09 Mar 2023 03:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23836

Actions (login required)

View Item View Item