PERENCANAAN STRATEGI BISNIS DENGAN PENDEKATAN MATRIK STRATEGIC POSITION AND ACTION EVALUATION (SPACE) STUDI KASUS PT.CIPTATAMA GRIYA PRIMA

SAMOSIR, JOSHUA CHARLEUS (2020) PERENCANAAN STRATEGI BISNIS DENGAN PENDEKATAN MATRIK STRATEGIC POSITION AND ACTION EVALUATION (SPACE) STUDI KASUS PT.CIPTATAMA GRIYA PRIMA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of Cover_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
Cover_SKRIPSI.pdf

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL-JOSHUA-CHARLEUS-SAMOSIR--152160051-.pdf] Text
SKRIPSI-FULL-JOSHUA-CHARLEUS-SAMOSIR--152160051-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAKSI
“PERENCANAAN STRATEGI BISNIS DENGAN PENDEKATAN
MATRIK STRATEGIC POSITION AND ACTION EVALUATION (SPACE)
STUDI KASUS PT. CIPTATAMA GRIYA PRIMA”
Oleh
Joshua Charleus Samosir
Strategi bisnis merupakan sebuah elemen penting yang harus dimiliki oleh
sebuah perusahaan bisnis supaya perusahaan memiliki keunggulan bersaing dan
dapat memenangkan persaingan sekaligus untuk mempertahankan
keberlangsungan hidup perusahaan. PT. Ciptatama Griya Prima adalah sebuah
perusahaan yang bergerak dalam industri properti di Kota Batam. PT. Ciptatama
Griya Prima mengalami penurunan penjualan properti yang drastis pada tahun 2016
- 2018. Hal ini membuat PT. Ciptatama Griya Prima membutuhkan strategi bisnis
yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan penurunan penjualan properti.
Permasalahan penurunan penjualan properti inilah yang mendasari peneliti untuk
melakukan perencanaan strategi bisnis yang dapat digunakan oleh PT. Ciptatama
Griya Prima. Tujuan penelitian ini adalah memberikan alternatif strategi yang dapat
dipakai oleh PT. Ciptatama Griya Prima dalam meningkatkan penjualan properti.
Dalam melakukan perencanaan strategi bisnis, peneliti menggunakan model
Matrik Strategic Position and Action Evaluation (SPACE). Matrik Strategic
Position and Action Evaluation (SPACE) memiliki dua dimensi yaitu dimensi
internal dan dimensi eksternal. Pada dimensi internal terdiri atas dua variabel yaitu
Financial Position (FP) dan Competitive Position (CP), pada dimensi eksternal
terdiri atas dua variabel yaitu Stability Position (SP) dan Industri Position (IP). Pada
masing- masing variabel, terdapat 5 indikator yang disesuaikan dengan kondisi
perusahaan.
Hasil dari perhitungan Matrik Strategic Position and Action Evaluation
(SPACE), PT. Ciptatama Griya Prima berada pada kuadran “Agresif”. Hal ini
menunjukkan bahwa PT. Ciptatama Griya Prima dapat memanfaatkan kekuatan
internalnya dan mengambil kesempatan eksternal, menangani kelemahan internal
dan menghindari ancaman eksternal. Berdasarkan posisi tersebut maka strategi
yang tepat untuk PT. Ciptatama Griya Prima adalah pengembangan pasar,
pengembangan produk dan penetrasi pasar.
Kata kunci; Manajemen Strategi, Perencanaan Strategi, Matrik Strategic Position
and Action Evaluation (SPACE)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: perusahaan bisnis.,Hasil dari perhitungan Matrik Strategic Position and Action Evaluation
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:32
Last Modified: 03 Mar 2023 03:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23597

Actions (login required)

View Item View Item