PERBAIKAN SISTEM APPOINTMENT SCHEDULING UNTUK MENGURANGI WAKTU TUNGGU ANTRIAN DENGAN PENDEKATAN SIMULASI SISTEM DISKRIT (Studi Kasus Poliklinik Gigi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta)

Putra, Muhammad Irvan Dwi (2020) PERBAIKAN SISTEM APPOINTMENT SCHEDULING UNTUK MENGURANGI WAKTU TUNGGU ANTRIAN DENGAN PENDEKATAN SIMULASI SISTEM DISKRIT (Studi Kasus Poliklinik Gigi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_Tugas Akhir 2_Muhammad Irvan Dwi Putra _122160033.pdf]
Preview
Text
Abstrak_Tugas Akhir 2_Muhammad Irvan Dwi Putra _122160033.pdf

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of Cover_Muhammad Irvan Dwi Putra_1221660033.pdf]
Preview
Text
Cover_Muhammad Irvan Dwi Putra_1221660033.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi_Muhammad Irvan Dwi Putra_1221660033.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi_Muhammad Irvan Dwi Putra_1221660033.pdf

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan_Muhammad Irvan Dwi Putra_1221660033.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan_Muhammad Irvan Dwi Putra_1221660033.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of Naskah-Skripsi-Tugas-Akhir-2-Muhammad-Irvan-Dwi-Putra--122160033.pdf] Text
Naskah-Skripsi-Tugas-Akhir-2-Muhammad-Irvan-Dwi-Putra--122160033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang termasuk kedalam industri jasa yang berorientasi pada pelayanan pasien. Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta merupakan salah satu rumah sakit swasta yang terdapat di wilayah Yogyakarta yang melayani pelayanan rawat jalan salah satunya yaitu poliklinik gigi. Poliklinik gigi memiliki jumlah pasien rata – rata 27 orang dengan waktu tunggu rata – rata selama 65 menit pada setiap harinya. Dalam melayani pasien, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta telah menerapkan sistem appointment scheduling. Namun, sistem tersebut belum menampilkan estimasi waktu kedatangan bagi pasien. Sehingga masih terdapat pasien yang menunggu terlalu lama atau bahkan terlambat dari nomor urut antrian yang dimiliki. Oleh sebab itu, perlu dilakukan perbaikan sistem appointment scheduling untuk mengurangi waktu tunggu antrian pasien poliklinik gigi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah simulasi sistem diskrit. Metode ini dipilih karena kedatangan pasien bersifat diskrit dan tidak tetap pada setiap harinya, sehingga model simulasi sistem nyata akan direpresentasikan dengan software simulasi Flexsim 6. Pembangunan sistem dibedakan menjadi dua model berdasarkan jumlah dokter yang praktik serta waktu mulai hingga waktu selesai pelayanan. Model tersebut kemudian diberikan skenario perbaikan berupa estimasi waktu kedatangan pasien dengan memperhatikan output berupa rata – rata waktu tunggu serta jumlah pasien yang terlayani pada setiap skenarionya. Output tersebut kemudian akan dihitung optimasi perbaikannya dengan membandingkan waktu tunggu pada sistem nyata serta waktu tunggu hasil tiap skenario.
Pada masing – masing model dibangun sejumlah enam skenario yang dibedakan berdasarkan waktu rata – rata antar kedatangan pasien serta waktu rata – rata pelayanan pasien. Skenario dengan tingkat optimasi tertinggi pada model pertama yaitu dengan rekomendasi waktu antar kedatangan dua pasien setiap 16 menit, sehingga dapat mengurangi waktu tunggu pasien dari 60 menit menjadi 31,2 menit dan diperoleh optimasi sebesar 52%. Sedangkan pada model kedua, skenario dengan tingkat optimasi tertinggi yaitu dengan rekomendasi waktu antar kedatangan setiap 9 menit, sehingga dapat mengurangi waktu tunggu dari 59,6 menit menjadi 37,4 menit dan diperoleh optimasi sebesar 51%.
Kata kunci: Rumah sakit, waktu tunggu, appointment scheduling, simulasi, flexsim 6.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Rumah sakit, waktu tunggu, appointment scheduling, simulasi, flexsim 6.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:05
Last Modified: 01 Mar 2023 06:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23565

Actions (login required)

View Item View Item