PESAN KEPERCAYAAN DIRI PEREMPUAN DALAM FILM “I FEEL PRETTY” (Analisis Semiotika Christian Metz)

KRISINTA, THEODORA AYU (2020) PESAN KEPERCAYAAN DIRI PEREMPUAN DALAM FILM “I FEEL PRETTY” (Analisis Semiotika Christian Metz). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK THEODORA.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK THEODORA.pdf

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of COVER SKRIPSI THEODORA.pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI THEODORA.pdf

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI SKRIPSI THEODORA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI THEODORA.pdf

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of DARTAR PUSTAKA SKRIPSI THEODORA.pdf]
Preview
Text
DARTAR PUSTAKA SKRIPSI THEODORA.pdf

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN THEODORA.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN THEODORA.pdf

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-THEODORA.pdf] Text
SKRIPSI-THEODORA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas terkait makna kepercayaan diri yang diungkap dalam film “I Feel Pretty”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data pada penelitian dikumpulkan melalui dokumentasi dan studi literatur. Analisis data dilakukan dengan semiotika yang dicetuskan oleh Christian Metz. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan pembagian “The Large Syntagmatic Chategory”, film “I Feel Pretty” menggunakan beberapa sintagma yang terdiri dari the scene, the autonomous shot, the bracketing syntagma, the descriptive syntagma, displaced diagetic, serta the alternating syntagma. The scene merupakan sintagma yang dianggap paling banyak muncul dibanding dengan sintagma lainnya.Adapun makna kepercayaan diri yang ditampilkan film “I Feel Pretty” tersusun dalam lima hal yakni optimis, bertanggungjawab, percaya pada kemampuan diri, objektif, rasional dan realistis. Salah satu segmen yang memperlihatkan seluruh bentuk percaya diri adalah ketika Renee menggantikan Avery dalam launching difusi produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Lily LeClaire. Dalam satu segmen tersebut terdapat makna optimis, bertanggungjawab, percaya pada kemampuan diri, objektif, serta rasional dan realistis.
Kata Kunci: Film, Pesan Kepercayaan Diri, Semiotika Metz

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Film, Pesan Kepercayaan Diri, Semiotika Metz
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Aug 2020 05:08
Last Modified: 03 Jan 2023 01:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23387

Actions (login required)

View Item View Item