DOMINASI ANTARA KEUNGGULAN MEREK DENGAN COUNTRY OF ORIGIN TERKAIT PERILAKU KONSUMEN GENERASI Z (Studi pada merek MINISO di Yogyakarta)

Widi Ardiyanti, Eva (2020) DOMINASI ANTARA KEUNGGULAN MEREK DENGAN COUNTRY OF ORIGIN TERKAIT PERILAKU KONSUMEN GENERASI Z (Studi pada merek MINISO di Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
4. ABSTRAK Indonesia & Inggris.pdf

Download (140kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (504kB)

Abstract

MINISO merupakan merek yang sedang booming di kalangan anak muda, terutama Generasi Z. MINISO merupakan merek yang diklaim berasal dari Jepang. Namun di awal kemunculannya, ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa MINISO bukan merek Jepang, melainkan dari China. Hal ini berkaitan dengan konsep country of origin atau negara asal. Di sisi lain, keunggulan merek MINISO merupakan hal yang membuat merek ini banyak disukai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dominasi antara keunggulan merek dengan country of origin terkait perilaku konsumen Generasi Z pada merek MINISO di Yogyakarta dan untuk mengetahui perbedaan perilaku konsumen antara konsumen laki-laki dengan perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan wawancara mendalam dan observasi partisipatif sebagai teknik pengumpulan data. Kajian perilaku konsumen akan digunakan untuk membantu menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa country of origin dan keunggulan merek memiliki peranan penting dalam memilih sebuah merek. Namun bagi informan pada penelitian ini menunjukkan bahwa keunggulan merek dari MINISO lebih mendominasi. Hal ini bisa dilihat dari beberapa hal terkait keunggulan merek MINISO yang menjadi alasan mengapa informan memilih merek ini, yaitu desain produknya, harga produknya, kualitas produk, juga vibes dan lokasi store MINISO. Kemudian, terdapat perbedaan antara konsumen laki-laki dan perempuan. Hal ini bisa dilihat dari perilaku konsumen dari keduanya. Konsumen laki-laki cenderung rasional, sedangkan konsumen perempuan cenderung irasional. Kata-kata Kunci: country of origin, keunggulan merek, Generasi Z, MINISO

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:42
Last Modified: 10 Jan 2020 03:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22005

Actions (login required)

View Item View Item