PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PERHOTELAN DI KOTA KUPANG

Djenawa, Andi Rifaldi (2020) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PERHOTELAN DI KOTA KUPANG. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Kover JudulPENGARUH SPMTERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PERHOTELAN DI KOTA KUPANG.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI_ANDI RIFALDI DJENAWA_142140079_FEB_JUR AKT UPNVY Kumpul.pdf

Download (39kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI_ANDI RIFALDI DJENAWA_142140079_FEB_JUR AKT UPNVYK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI_ANDI RIFALDI DJENAWA_142140079_FEB_JUR AKT UPNVYK.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Pengaruh Sistem Pengendalian Manajemen (SPM) Terhadap Kinerja Perusahaan Perhotelan di Kota Kupang dengan menggunakan Balanced Scorecard (BSC) sebagai alat ukur kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui pengujian hipotesis (hypothesis testing) dengan melakukan pengujian hubungan terhadap semua variabel yang diteliti (causal research). Penelitian ini merupakan studi empiris yang dilakukan menggunakan data primer secara cross-section, untuk menguji hubungan direct (hubungan langsung) SPM dengan Kinerja Industri perhotelan di Kota Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah para manajer seluruh perusahaan perhotelan yang beroperasi di Kota Kupang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data interval yang disusun melalui jawaban skala likert 1 – 4 setiap item kuisioner penelitian. Sementara sumber data yang digunakan adalah data primer, yakni data yang diperoleh peneliti secara langsung menggunakan kuisioner terkait variabel-variabel penelitian. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dikembangkan dari Gani dan Jermias (2010) dan Lukman Lo (2014) terkait Sistem Pengendalian Manajemen yang diukur dengan menggunakan 6 indikator. Tiap-tiap indikator yang diuji adalah evaluasi kinerja, kompensasi, komunikasi, resolusi konflik, komitmen, dan produk dan kebijakan pasar. Penelitian ini mengambil responden manajer atau setingkat manajer di kota kupang. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis secara statistik, maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat dua hipotesis yang lolos dalam penelitian ini, yakni: 1)Variabel Komunikasi secara statistik berpengaruh terhadap Kinerja Industri perhotelan Kota Kupang. 2) Produk dan Kebijakan Pasar secara statistik berpengaruh terhadap Kinerja Industri perhotelan Kota Kupang. Sementara keempat hipotesis lainnya memberikan hasil yang tidak signifikan: 3) Evaluasi Kinerja secara statistik tidak berpengaruh terhadap Kinerja Industri perhotelan Kota Kupang. 4) Kompensasi secara statistik tidak berpengaruh terhadap Kinerja Industri perhotelan Kota Kupang. 5) Komitmen secara statistik tidak berpengaruh terhadap Kinerja Industri perhotelan Kota Kupang. 6) Resolusi Konflik secara statistik tidak berpengaruh terhadap Kinerja Industri perhotelan Kota Kupang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Jan 2020 02:22
Last Modified: 10 Jan 2020 02:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21977

Actions (login required)

View Item View Item