STRATEGI PEMASARAN BAKPIA PRODUKSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BERDASARKAN PENDEKATAN PRODUCT POSITIONING

Ridwan, Muhammad (2019) STRATEGI PEMASARAN BAKPIA PRODUKSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BERDASARKAN PENDEKATAN PRODUCT POSITIONING. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak dan Abstract.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Semakin meningkatnya jumlah produsen bakpia di Yogyakarta membuat persaingan antar produsen bakpia semakin ketat. Produsen harus bersaing di bidang pemasaran agar dapat menarik perhatian konsumen. Survei pasar perlu dilakukan untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan pasar saat ini. Namun, produsen-produsen bakpia tersebut belum menerapkan strategi pemasaran berdasarkan product positioning. Oleh karena itu, penelitian ini akan melakukan penentuan strategi pemasaran yang tepat untuk masing-masing merek bakpia berdasarkan product positioning-nya. Penelitian ini menggunakan pendekatan product positioning dengan teknik analisis Multidimensional Scaling (MDS). Objek dan kriteria yang digunakan pada penelitian ini ditentukan berdasarkan hasil pada penelitian pendahuluan. Objek pada penelitian ini meliputi Bakpia Pathok 25, Bakpia Patuk 75, Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Tugu Jogja, dan Bakpia Pathok 145, sedangkan kriteria-kriteria pada penelitian ini meliputi harga, tampilan, kemasan, rasa, varian rasa, kepopuleran, informasi produk, kemudahan memperoleh, dan tekstur. MDS memberikan output berupa peta posisi yang menggambarkan posisi setiap merek bakpia dan kriteria. Keabsahan peta posisi dapat dilakukan dengan menghitung nilai STRESS. Pada penelitian ini, nilai STRESS yang dihasilkan adalah 3,671 persen. Nilai tersebut menunjukkan bahwa peta posisi sudah sangat baik dalam menggambarkan posisi setiap merek bakpia dan kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi untuk Bakpia Pathok 25 adalah memperbaiki tampilan bakpia dan kemasan, dan cita rasa, serta menambah varian rasa dan menambah jumlah informasi produk. Strategi untuk Bakpia Patuk 75 dan Bakpia Kurnia Sari adalah menurunkan harga jual bakpia. Strategi untuk Bakpia Tugu Jogja adalah memperbaiki cita rasa dan menambah varian rasa. Strategi untuk Bakpia Pathok 145 adalah melakukan promosi untuk mengenalkan mereknya lebih luas dan memberikan kemudahan akses untuk konsumen. Kata kunci: bakpia, multidimensional scaling, positioning, strategi pemasaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 17 Dec 2019 03:09
Last Modified: 17 Dec 2019 03:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21843

Actions (login required)

View Item View Item