Ifkal, Muhammad (2019) STUDI SEMIOTIKA REPRESENTASI WANITA MUSLIM DALAM IKLAN TELEVISI REJOICE HIJAB 3IN1 AKU #HIJABISA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (980kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Iklan merupakan salah satu media komunikasi yang bertujuan mempromosikan barang atau produk tertentu. Dewasa ini mulai bermunculan iklan produk yang menampilkan wanita berhijab, karena produk tersebut dikhususkan untuk wanita berhijab. Salah satunya iklan Rejoice Hijab 3in1 Aku #Hijabisa selain bertujuan untuk mempromosikan produk dan juga untuk kampanyekan dorongan pengunaan hijab. Iklan mengkampanyekan kalau pakai hijab tidak akan panas dan masih bisa tetap aktif. Agar pesan yang akan disampaikan mudah dicerna dan dimengerti oleh masyarakat, iklan menampilkan wanita dengan berbagai gambaran wanita muslim. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui, menjelaskan, memahami makna representasi wanita muslim dalam iklan televisi shampo Rejoice Hijab 3in1 Aku #Hijabisa. Metode penelitian ini mengunakan analisis semiotika teori Roland Barthes dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan peneliti, diketahui makna representasi wanita muslim, wanita muslim yang terlihat cantik luar dan dalam, wanita muslim yang santun, wanita muslim yang selalu bersyukur, wanita muslim ingin setara dengan laki-laki. Kata kunci: Iklan, Representasi, Semiotika, Wanita Muslim, Rejoice Hijab 3in1
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 03:54 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 03:54 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21542 |
Actions (login required)
View Item |