Kurniawan, Andi (2019) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN “RAKOSA FEMALE RADIO” DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGIKLAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (1MB) | Preview |
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Rakosa Female Radio merupakan satu-satunya radio swasta dengan segmentasi perempuan di Yogyakarta yang melakukan sebuah strategi komunikasi pemasaran dalam upaya untuk meningkatkan jumlah pengiklan radio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran serta perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh Rakosa Female Radio dalam meningkatkan jumlah pengiklan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Perencanaan Komunikasi. Konsep dalam penelitian ini adalah marketing mix dan promotion mix. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah Rakosa Female Radio yang memiliki frekuensi 105,3 FM. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahaan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan oleh Rakosa Female Radio, meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan Rakosa Female Radio meliputi analisis situasi, penyusunan progam dan penyusunan anggaran. Dalam pelaksanaan, Rakosa Female Radio menerapkan promotion mix meliputi, periklanan, promosi penjualan, public relations, penjualan personal dan pemasaran langsung. Evaluasi dilakukan dengan melihat faktor pendukung dan penghambat serta merumuskan langkah-langkah dalam mengatasi kendala. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Rakosa Female Radio secara garis besar belum efektif dalam meningkatkan jumlah pengiklan, walaupun perencanaan yang dilakukan sudah cukup baik. Hal tersebut diketahui bahwa terjadi penurunan volume iklan dari tahun 2017 ke tahun 2018 yang terjadi hampir setiap bulannya. Menurut penulis, kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Rakosa Female Radio dan maraknya iklan digital merupakan pemicu menurunnya pengiklan di Rakosa Female Radio. Kata Kunci : Komunikasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 03:10 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 03:10 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21519 |
Actions (login required)
View Item |