PENURUNAN LEAD TIME MANUFAKTUR MEMPERTIMBANGKAN KESEIMBANGAN BEBAN KERJA OPERATOR MENGGUNAKAN METODE LINE BALANCING DAN OPERATION OVERLAPPING (Studi Kasus di CV Djoen Leather Bantul)

Azzahrah, Lathifah Taza (2019) PENURUNAN LEAD TIME MANUFAKTUR MEMPERTIMBANGKAN KESEIMBANGAN BEBAN KERJA OPERATOR MENGGUNAKAN METODE LINE BALANCING DAN OPERATION OVERLAPPING (Studi Kasus di CV Djoen Leather Bantul). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan TA_Lathifah Taza_122150029.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

CV Djoen Leather merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi tas yang berbahan dasar kulit. Salah satu produk yang paling diminati oleh konsumen adalah produk tas model clutch. Kebijakan perusahaan dalam pembagian pekerjaan pada setiap stasiun kerja saat ini tidak mempertimbangkan beban kerja operator. Berdasarkan pengamatan awal efisiensi lintasan produksi hanya sebesar 46,72%. Selain itu, pembagian batch produksi yang dilakukan perusahaan belum mempertimbangkan jumlah batch yang optimal. Metode yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah metode Kilbrigde-wester, Helgeson-birnie dan operation overlapping. Perbaikan kondisi lintasan produksi dilakukan dengan membuat rancangan keseimbangan lintasan menggunakan metode Kilbrigde-wester dan Helgeson-birnie. Perancangan jumlah batch produksi dibuat menggunakan metode operation overlapping dengan memodifikasi syarat pembatas. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendapatkan jumlah batch yang optimal, mendapatkan rancangan lintasan produksi yang seimbang dan optimal, dan menurunkan lead time manufaktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan batch produksi dengan operation overlapping yaitu 60 tas pada batch pertama dan 40 pada batch kedua. Sedangkan pembagian pekerjaan dengan mempertimbangkan beban kerja operator dapat meningkatkan efisiensi lintasan produksi sebesar 79,15%. Selain itu, hasil Penerapan batch produksi menurunkan lead time manufaktur produksi yang menjadi sebesar 8380 menit.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: line balancing, kilbridge-wester, Helgeson-birnie, operation overlapping, lead time manufaktur, proses batch
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 01 Oct 2019 08:14
Last Modified: 01 Oct 2019 08:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21425

Actions (login required)

View Item View Item