RESEPSI PENONTON TERHADAP TAYANGAN VIDEO #NGOBAM EPISODE 1 JAM BERSAMA DANILLA DI YOUTUBE

Ningrum, Diksy Paramitha (2019) RESEPSI PENONTON TERHADAP TAYANGAN VIDEO #NGOBAM EPISODE 1 JAM BERSAMA DANILLA DI YOUTUBE. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kehadiran media sosial yang beragam memungkinkan pengguna internet untuk bebas memilih apa yang mereka ingin gunakan. Salah satu media sosial yang memiliki pengguna terbanyak di Indonesia adalah Youtube. Youtube merupakan platform media sosial yang merupakan situs video sharing, yang memungkinkan para penggunanya untuk mengakses dan berbagi video apa saja. Indonesia merupakan salah satu negara dengan penetrasi Youtube yang tinggi. Youtube menyediakan berbagai tayangan dengan konten yang beragam. Salah satunya adalah tayangan video #NGOBAM Episode 1 Jam Bersama Danilla. Tayangan ini merupakan tayangan yang kontroversial dan telah mendapatkan lebih dari 3 juta kali penayangan di Youtube. #NGOBAM Episode 1 Jam Bersama Danilla merupakan tayangan yang memuat konten yang tidak sesuai dengan norma dan etika yang berlaku di Indonesia. Dalam penelitian ini, fokus terletak pada analisis resepsi penonton. Analisis resepsi merupakan salah satu bagian dari studi mengenai khalayak yang dalam pengkajiannya dilakukan secara mendalam dan terdapat proses yang aktual dimana wacana media diasimilasikan melalui praktek wacana dan budaya khalayaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penonton meresepsi tayangan #NGOBAM Episode 1 Jam Bersama Danilla. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode analisis resepsi secara kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori resepsi dan new media. Subjek pada penelitian ini adalah lima orang narasumber dengan latar belakang sosial, usia, pekerjaan, dan literasi media yang berbeda-beda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat dua pengelompokan narasumber terhadap dua posisi yang berbeda, satu orang narasumber pada posisi Oppositional dan empat orang narasumber pada posisi Negotiated. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perbedaan latar belakang sosial, pekerjaan, dan literasi media mempengaruhi narasumber dalam meresepsi tayangan #NGOBAM Episode 1 Jam Bersama Danilla. Kata Kunci: Analisis Resepsi, Pemaknaan Khalayak, Youtube.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:12
Last Modified: 30 Sep 2019 03:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21325

Actions (login required)

View Item View Item