TINGKAT KEPUASAN FOLLOWERS FACEBOOK INFO CEGATAN JOGJA (ICJ) DALAM MEMPEROLEH INFORMASI YANG DIBUTUHKAN

ADITYA, RYAN (2019) TINGKAT KEPUASAN FOLLOWERS FACEBOOK INFO CEGATAN JOGJA (ICJ) DALAM MEMPEROLEH INFORMASI YANG DIBUTUHKAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Setiap orang tentu memiliki kebutuhan untuk dipenuhi di dalam hidupnya, termasuk kebutuhan akan informasi. Group facebook Info Cegatan Jogja merupakan akun untuk memenuhi kebutuhan akan informasi informasi cegatan, bantuan, pengumuman, SIM keliling, info kehilangan, kecelakaan, kebakaran, kriminalitas, maling, penipuan, himbauan, baksos ICJ, inspirasi, donasi hingga suara masyarakat dari Jogja dan sekitarnya. Dalam akun ICJ pilihan informasi yang ditawarkan membuat seseorang termovasi untuk bergabung dalam group ICJ. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gratification sought, gratification obtained followers dan besarnya kepuasan Komunitas Info Cegatan Jogja. Metode penelitian ini adalah metodologi riset kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah followers ICJ. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 followers ICJ. Teknik analisis data menggunakan analisis Mean. Hasil analisis nilai gratification sought followers Komunitas Info Cegatan Jogja yang paling besar dicari oleh responden adalah kebutuhan kognitif dengan skor mean 4.03, dibawahnya kebutuhan afektif skor mean 3,81, kebutuhan integratif sosial dengan skor mean 3,47, kemudian kebutuhan pelarian dengan skor mean 3,88 dan yang paling rendah kebutuhan integratif personal dengan skor mean sebesar 3,36. Nilai gratification obtained followers Komunitas Info Cegatan Jogja terpuaskan oleh kategori kepuasan afektif dengan nilai mean sebesar 3,96, selanjutnya kepuasan kognitif dengan nilai mean sebesar 3,80, selanjutnya kepuasan integratif personal dengan nilai mean sebesar 3,66, selanjutnya kepuasan pelarian dan integratif sosial dengan nilai mean yang sama masing-masing sebesar 3,61 dan merupakan yang paling rendah. Secara keseluruhan Grup Facebook Info Cegatan Jogja telah memuaskan khalayak. Kebutuhan yang diperoleh lebih kecil daripada kebutuhan yang diinginkan khalayak, dengan kata lain khalayak merasa puas setelah mengikuti Grup Facebook Info Cegatan Jogja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, group Facebook, Info Cegatan Jogja
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 20 Sep 2019 06:56
Last Modified: 20 Sep 2019 06:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21152

Actions (login required)

View Item View Item