KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MURID PAUD DALAM PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK SHOLEH SEJAK DINI DI PAUD AL – BAROKAH CELEBAN BARU YOGYAKARTA

Raynaldi H, Zulham (2019) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MURID PAUD DALAM PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK SHOLEH SEJAK DINI DI PAUD AL – BAROKAH CELEBAN BARU YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Hal Pengesahaan.pdf]
Preview
Text
Hal Pengesahaan.pdf

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-full Zulham Raynaldi H.pdf] Text
Skripsi-full Zulham Raynaldi H.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi-full Zulham Raynaldi H.pdf] Text
Skripsi-full Zulham Raynaldi H.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Komunikasi antarpribadi juga dapat merubah sikap dan tingkah laku murid. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas anak didik sejak usia dini. Pendidikan dalam ajaran Islam ditambahkan supaya menjadi anggota masyarakat yang berguna dan insan yang shaleh di dalam kehidupan ini, sehingga diharapkan anak tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual saja, tetapi memiliki kecerdasan emosional dan utamanya kecerdasan spiritual yang selalu menjaga perkembangan dirinya dengan meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan, serta hubungan baik antara manusia dengan Tuhan-Nya, dan juga hubungan baik antar sesama manusia lainnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana komunikasi yang terjalin anara guru dn murid Pad Albarokah dalam pembentukan karakter anak sholeh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari pembentukan karakter anak di PAUD Al-Barokah Yogyakarta, faktor - fakor yang mendukung dan menghambat dalam proses pembentukan karakter anak Sholeh serta bagaimana strategi dalam membentuk karakter anak sholih. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar mengajar dan komunikasi interpersonal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembentukan karakter anak sholeh yang diterapkan di PAUD Al Barokah melalui strategi keteladanan, pembiasaan, nasehat dan cerita atau kisah. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat adalah penerapan komunikasi yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal serta komunikasi interpersonal antara orang tua dan guru. Komunikasi interpersonal menggunakan pendekatan humanistik menekankan pada keterbukaan, empati, sikap mendukung, dan kualitas-kualitas lain yang menciptakan interaksi yang bermakna, jujur.
Kata kunci : komunikasi interpersonal, PAUD, Karakter, Anak Sholi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 01 Apr 2019 03:26
Last Modified: 05 Apr 2022 04:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18973

Actions (login required)

View Item View Item