PENGARUH TERPAAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM) DI TELEVISI TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT (Survei ILM “Imunisasi Massal Campak dan Rubella” dalam Menanggapi Imunisasi Measles and Rubella di Perumahan Purwomartani Kalasan)

Puspitasari, Dea Garin (2018) PENGARUH TERPAAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM) DI TELEVISI TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT (Survei ILM “Imunisasi Massal Campak dan Rubella” dalam Menanggapi Imunisasi Measles and Rubella di Perumahan Purwomartani Kalasan). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Iklan layanan masyarakat digunakan untuk mempromosikan program atau kegiatan yang diadakan oleh pemerintah atau digunakan oleh organisasi kemasyarakatan yang berfungsi untuk kepentingan masyarakat. Salah satunya adalah iklan layanan masyarakat “Imunisasi Massal Campak dan Rubella” yang tayang di televisi. Iklan ini merupakan suatu ajakan untuk masyarakat agar mengikuti Imunisasi MR (Measles and Rubela) yang berguna untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus campak dan rubella (campak Jerman). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perubahan perilaku yang positif dan signifikan pada masyarakat khususnya ibu rumah tangga di perumahan Purwomartani setelah mendapatkan terpaan dari iklan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei yang mengambil sampel sebanyak 35 responden di perumahan Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment dan Regresi Linier Sederhana, dengan bantuan SPSS (Statistical Package for Social Science) for windows version 20.0 yang bertujuan untuk mengetahui setiap butir yang diajukan kepada responden valid. Hasil penelitian menggunakan product moment disimpulkan bahwa pengaruh terpaan iklan layanan masyarakat “Imunisasi Massal Campak dan Rubella” terhadap perubahan perilaku pada masyarakat masuk kedalam kategori tingkat hubungan yang “kuat”. Setelah dilakukan uji signifikansi maka diperoleh kesimpulan bahwa adanya hubungan antara pengaruh terpaan iklan layanan masyarakat “Imunisasi Massal Campak dan Rubella” (X) terhadap perubahan perilaku masyarakat dalam menanggapi Imunisasi MR (Y). Iklan layanan masyarakat mampu mempengaruhi 48,7% dan sisanya 51,3% perubahan perilaku masyarakat dalam menanggapi Imunisasi MR dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : terpaan iklan layanan masyarakat, perubahan perilaku, campak dan rubella, Imunisasi MR.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Feb 2019 02:17
Last Modified: 06 Feb 2019 02:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18318

Actions (login required)

View Item View Item