POLA KOMUNIKASI GURU DENGAN ANAK AUTISM TINGKAT ASPERGER SYNDROME (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Guru Dengan Anak Autism tingkat Asperger Syndrome di Sekolah Khusus Authis Taruna Al-Qur’an )

Putri, Debi TryMulya (2018) POLA KOMUNIKASI GURU DENGAN ANAK AUTISM TINGKAT ASPERGER SYNDROME (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Guru Dengan Anak Autism tingkat Asperger Syndrome di Sekolah Khusus Authis Taruna Al-Qur’an ). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK debi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover debi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi debi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Komunikasi merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, termasuk komunikasi antara guru dengan murid di sekolah. Pada umumnya komunikasi yang digunakan berupa verbal/lisan agar dapat dimengerti antara kedua belah pihak. Autism Asperger Syndrome adalah hambatan berinteraksi timbal balik dengan lingkungannya. Jika seseorang mengalami hambatan dalam berinteraksi dan berkomunikasi, diyakini orang tersebut akan mengalami hambatan ketika belajar. Berdasarkan hal tersebut di dapatkan rumusan masalah yaitu Bagaimana Pola Komunikasi Anak Autism Asperger Syndrome dengan guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pola Komunikasi Guru dengan Anak Autism Asperger Syndrome di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an. Adapun metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori interaksi simbolik dan interpersonal dapat diterapkan dalam komunikasi anak penyandang asperger syndrome dalam semua tingkatan yang di alami. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penyandang autism asperger syndrome menggunakan tiga jenis komunikasi, yaitu komunikasi satu arah, komunikasi dua arah dan komunikasi multi arah. Pola komunikasi yang digunakan dalam berinteraksi tergantung pada tingkatan asperger syndrome. Pola komunikasi yang tepat dapat mempengaruhi interaksi sosial anak. Hambatan yang di dapatkan saat berkomunikasi antara guru dan murid seperti mencari cara yang kreatif untuk mencairkan suasana hati anak ketika sedang tantrum. Kata kunci : komunikasi, asperger syndrome, pola komunikasi, metode komunikasi, hambatan komunikasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Dec 2018 02:27
Last Modified: 12 Dec 2018 02:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17524

Actions (login required)

View Item View Item