REPRESENTASI NILAI AGAMA ISLAM DALAM IKLAN YOUTUBE (Analisis Semiotika Terhadap Iklan Ramayana Departement Store Edisi Ramadhan #KerenLahirBatin Menyambut Lebaran)

Fuad, Muhammad Anwar (2018) REPRESENTASI NILAI AGAMA ISLAM DALAM IKLAN YOUTUBE (Analisis Semiotika Terhadap Iklan Ramayana Departement Store Edisi Ramadhan #KerenLahirBatin Menyambut Lebaran). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Iklan sudah menjadi hal yang sering dilihat oleh masyarakat. Iklan bisa dilihat dimana saja, salah satunya melalui media youtube. Iklan tidak hanya sebagai suatu hal yang dianggap mengganggu. Iklan dapat mempengaruhi khalayak yang menyaksiakan tayangannya. Para pembuat iklan harus membuat iklan yang kreatif supaya menarik khalayak, maka tak heran apabila iklan dibuat untuk menyambut suatu momen, salah satunya saat momen bulan Ramadhan menyambut Lebaran. Hal tersebut yang dilakukan oleh Ramayana Departement Store dengan maksud untuk menambah pengetahuan para penonton tentang nilai agama Islam yang dianut oleh suatu bangsa. Tanda-tanda nilai agama Islam diperlihatkan dengan memiliki makna-makna kebaikan yang bisa ditiru oleh penonton. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelasakan makna representasi nilai agama Islam dalam sebuah iklan. Untuk mempelajari tentang makna-makna maka analisis semiotika merupakan salah satu yang dapat digunakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitaif dengan analisi semiotika Charles Sanders Pierce, berupa sign, object, dan interpretan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam video iklan Ramayana Departement Store mengandung 3 unsur nilai agama Islam yang direpresentasikan dalam iklan tersebut. Pertama, keramahan dan kebahagiaan dalam Islam. Kedua, amar ma’ruf nahi munkar dalam Islam. Ketiga, tanggung jawab dalam Islam. Saran dari peneliti yaitu bagi Ramayana Departement Store diharapkan kedepannya tetap menampilkan ide-ide yang segar, kreatif, dan menarik dalam menyajikan iklan Ramayana Departement Store yang mendidik. Karena iklan tidak hanya berfokus pada keuntungan komersil saja, tapi pesan yang terkandung didalamnya hendaknya memberi nilai kebaikan untuk masyarakat. Kata kunci : Representasi, Agama Islam, Semiotika, Iklan, Ramayana Departement Store.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Dec 2018 02:11
Last Modified: 11 Dec 2018 02:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17495

Actions (login required)

View Item View Item